Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Soroti Represifitas Aparat di Tragedi Stadion Kanjuruhan, Media AS Pertanyakan Gas Air Mata

Represifitas yang diperlihatkan aparat keamanan dalam tragedi Kanjuruhan kini tengah disorot berbagai media internasional, termasuk Washington Post.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Soroti Represifitas Aparat di Tragedi Stadion Kanjuruhan, Media AS Pertanyakan Gas Air Mata
SURYA/PURWANTO
Suporter Arema FC, Aremania turun ke stadion usai laga Arema FC melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 2022 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022). Aremania meluapkan kekecewaannya dengan turun dan masuk kedalam stadion usai tim kesayangannya kalah melawan Persebaya Surabaya dengan skor 2-3. SURYA/PURWANTO 

TRIBUNNEWS.COM - Represifitas yang diperlihatkan aparat keamanan dalam tragedi Stadion Kanjuruhan kini tengah disorot berbagai media internasional, termasuk Washington Post.

Media asal Amerika Serikat itu bahkan memberikan analisa cukup tajam perihal apa yang terjadi di tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (1/10/2022) lalu.

Washington Post menjelaskan bahwa aksi besar-besaran aparat saat menembakkan gas air mata memicu kesalahan fatal.

Kesalahan fatal tersebut dinilai menjadi faktor utama yang menyebabkan sedikitnya 131 orang meninggal dunia.

Baca juga: Kisah Yohanes Prasetyo, Sosok yang Mohon ke Polisi Tak Tembak Gas Air Mata saat Tragedi Kanjuruhan

Dalam foto yang diambil pada 1 Oktober 2022 ini, sekelompok orang menggendong seorang pria usai pertandingan sepak bola antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. - Sedikitnya 127 orang tewas di sebuah stadion sepak bola di Indonesia pada akhir 1 Oktober ketika para penggemar menyerbu lapangan dan polisi merespons dengan gas air mata, yang memicu penyerbuan, kata para pejabat. (Photo by AFP)
Dalam foto yang diambil pada 1 Oktober 2022 ini, sekelompok orang menggendong seorang pria usai pertandingan sepak bola antara Arema FC dan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. - Sedikitnya 127 orang tewas di sebuah stadion sepak bola di Indonesia pada akhir 1 Oktober ketika para penggemar menyerbu lapangan dan polisi merespons dengan gas air mata, yang memicu penyerbuan, kata para pejabat. (Photo by AFP) (AFP/STR)

Dalam analisanya, Washington Post menyebut ada sedikitnya 40 amunisi tembakan gas air mata yang diarahkan menuju kerumunan dalam rentang 10 menit.

Tindakan itu dianggap melanggar aturan keamanan nasional dan pedoman internasional dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Hal ini dikarenakan tembakan gas air mata menjadi penyebab utama para suporter langsung berlarian menuju pintu keluar stadion.

BERITA TERKAIT

Akibatnya, banyak suporter yang terinjak-injak sampai meninggal dunia karena beberapa pintu keluar stadion ternyata masih tertutup.

Penggunaan gas air mata yang dilakukan polisi akhirnya menyebabkan kerugian besar lantaran banyaknya korban yang berjatuhan.

Selain membuat panik para suporter yang berada di tribun, tembakan gas air mata juga membuat jarak pandang dan kesehatan setiap orang terganggu.

Salah seorang profesor asal Universitas Keele (Inggris), Clifford Stott yang mempelajari soal keberadaan kepolisian dalam keamanan olahraga angkat bicara.

Ia mengatakan bahwa apa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan adalah akibat langsung dari tindakan keliru aparat dikombinasikan dengan manajemen stadion yang buruk.

Selain itu, penembakan gas air mata yang dilakukan aparat keamanan juga dianggapnya tidak proporsional.

Hal ini dibuktikan dengan jumlah tembakan gas air mata yang setidaknya berjumlah 40 kali, namun arah dan maksudnya tak terlalu jelas.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas