Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Kejutan Tim Tidak Diunggulkan Dan Lionel Messi Angkat Tropi Di Gelaran Piala Dunia 2022

Piala Dunia FIFA 2022 ini juga akan menjadi Piala Dunia FIFA kedua yang diadakan sepenuhnya di Asia setelah Piala Dunia FIFA 2002 di Korea Selatan

Penulis: Toni Bramantoro
zoom-in Kejutan Tim Tidak Diunggulkan Dan Lionel Messi Angkat Tropi Di Gelaran Piala Dunia 2022
KIRILL KUDRYAVTSEV / AFP
Pemain depan Argentina #10 Lionel Messi (Tengah) mengangkat Trofi Piala Dunia FIFA saat ia merayakan dengan pemain depan Argentina #22 Lautaro Martinez dan pendukung memenangkan pertandingan sepak bola final Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Piala Dunia 2022 merupakan gelaran ke-22 dari sepanjang perhelatan Piala Dunia, turnamen Sepakbola internasional empat tahunan itu diikuti oleh tim nasional senior pria anggota FIFA.

Untuk tahun 2022, pesta sepakbola sejagad raya ini berlangsung di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember 2022. Untuk pertama kali, Qatar menyelenggarakan turnamen ini dan menjadi Piala Dunia FIFA pertama yang pernah diadakan di Jazirah Arab, dan di negara mayoritas berpenduduk Muslim.

Piala Dunia FIFA 2022 ini juga akan menjadi Piala Dunia FIFA kedua yang diadakan sepenuhnya di Asia setelah Piala Dunia FIFA 2002 di Korea Selatan dan Jepang.




Selain itu, turnamen ini akan menjadi yang terakhir yang melibatkan 32 tim, pada periode selanjutnya (yaitu pada Piala Dunia FIFA 2026 di Amerika Utara) putaran final akan melibatkan 48 tim.

Turnamen edisi kali ini juga akan menandai Piala Dunia FIFA pertama yang tidak akan diadakan pada bulan Mei, Juni, atau Juli; Piala Dunia FIFA kali ini akan dijadwalkan pada akhir November hingga pertengahan Desember.

Piala Dunia 2022 dimainkan dalam jangka waktu sekitar 29 hari, dengan pertandingan final diadakan pada 18 Desember 2022, yang juga bertepatan dengan Hari Nasional Qatar. Prancis merupakan juara bertahan Piala Dunia FIFA setelah menjadi juara di Piala Dunia Rusia 2018.

Sempat diberitakan minor soal terpilihnya Qatar memenangkan hak untuk menjadi tuan rumah acara tersebut. Penyelidikan internal FIFA telah melaporkan bahwa Qatar tidak bersalah, tetapi kepala penyelidik Michael J. Garcia sejak itu menggambarkan laporan FIFA pada penyelidikannya sebagai tidak lengkap secara material dan salah.

BERITA TERKAIT

Pada 27 Mei 2015, Jaksa Federal Swiss membuka penyelidikan korupsi dan pencucian uang terkait dengan Piala Dunia 2018 dan 2022.[6][7] Pada 6 Agustus 2018, mantan presiden FIFA, Sepp Blatter mengklaim bahwa Qatar telah menggunakan 'operasi hitam', menunjukkan bahwa panitia pemilihan tuan rumah telah melakukan kecurangan untuk memenangkan hak tuan rumah.

Selain itu, Qatar telah menghadapi kritik keras karena perlakuan terhadap pekerja asing yang terlibat dalam persiapan untuk Piala Dunia, dengan Amnesty International merujuk pada 'kerja paksa; dan menyatakan bahwa pekerja telah menderita pelanggaran hak asasi manusia, meskipun standar kesejahteraan pekerja sudah dirancang pada tahun 2014.

Jalannya Pertandingan Per Grup 

Kembali ke arena lapangan, perhelatan Piala Dunia 2022 tidak dipungkiri terjadi kejutan yang mencengangkan sepanjang gelaran Piala Dunia.

Sebut saja Arab Saudi yang di hari pertama penampilannya di penyisihan grup berhasil menggilas Argentina dengan skor 2-1.

Dua gol kemenangan Arab Saudi dicetak oleh Al-Shehri Albrikan pada menit ke 49 dan kapten tim Al Dawsari menit ke 53.

Para pemain Arab Saudi berpose untuk foto tim menjelang pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia Qatar 2022 antara Arab Saudi dan Meksiko di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 30 November 2022. (Photo by Khaled DESOUKI / AFP)
Para pemain Arab Saudi berpose untuk foto tim menjelang pertandingan sepak bola Grup C Piala Dunia Qatar 2022 antara Arab Saudi dan Meksiko di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 30 November 2022. (Photo by Khaled DESOUKI / AFP) (AFP/KHALED DESOUKI)

Meski sebelumnya  Arab Saudi sempat tertinggal 0-1 lebih dulu, ketika Lionel Messi membobol gawang Arab Saudi dari tendangan penalti pada menit ke-9.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas