Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Andai Gelar Juara Manchester City Dicabut, Liverpool & Manchester United Ketiban Rezeki dari Langit

elar juara Liga Inggris yang pernah dimenangkan Manchester City terancam dicabut jika terbukti melanggar Financial Fair Play alias FFP.

Penulis: Dwi Setiawan
zoom-in Andai Gelar Juara Manchester City Dicabut, Liverpool & Manchester United Ketiban Rezeki dari Langit
AFP/OLI SCARFF
Gelandang Manchester City asal Brazil Fernandinho mengangkat trofi Liga Utama Inggris saat para pemain City merayakannya di lapangan setelah pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Manchester City dan Aston Villa di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris, pada 22 Mei 2022. - Manchester City memenangkan Liga Premier untuk keempat kalinya dalam lima musim setelah perburuan gelar yang mendebarkan mencapai kesimpulan dramatis ketika sang juara melakukan comeback luar biasa dari ketinggalan dua gol untuk mengalahkan Aston Villa 3-2 pada hari Minggu. (Photo by Oli SCARFF / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Gelar juara Liga Inggris yang pernah dimenangkan Manchester City terancam dicabut jika terbukti melanggar Financial Fair Play seperti yang dituduhkan pihak Liga Inggris.

Jika hukuman tersebut dijatuhkan kepada Manchester City, Liverpool dan Manchester United berpeluang ketiban rezeki dari langit.

Hal ini dikarenakan Liverpool maupun Manchester United punya peluang untuk mengklaim gelar juara Liga Inggris yang dimenangkan Manchester City.

Baca juga: Terancam Pengurangan Poin, Klasemen Liga Inggris Berubah Jika Manchester City Terbukti Bersalah




Seperti diketahui Manchester City tengah didakwa tuduhan berat oleh pihak Liga Inggris.

Manchester City dituding telah melakukan berbagai pelanggaran berat terkait aturan Financial Fair Play (FPP) dalam kurun waktu antara musim 2009/2010 s/d 2017/2018.

Tak kurang dari 100 tuduhan dilancarkan pihak Liga Inggris atas berbagai tindakan kurang sportif yang dilakukan Manchester City pada periode tersebut.

Meskipun tuduhan tersebut telah disangkal oleh pihak Manchester City, upaya penyelidikan lanjutan akan terus dilanjutkan.

BERITA TERKAIT

Seandainya tuduhan tersebut terbukti benar, maka ada berbagai konsekuensi hukuman yang akan diterima Manchester City.

Dilansir The Times, hukuman berat yang berpotensi menimpa Manchester City antara lain pengurangan poin, larangan transfer pemain, denda yang besar, degradasi hingga pencabutan gelar juara Liga Inggris.

Khusus opsi ancaman hukuman terakhir, Manchester City berpotensi kehilangan beberapa gelar juara yang telah ia menangkan pada periode tersebut.

Jika menelisik lebih dalam, Manchester City tercatat mampu meraih tiga gelar juara selama periode tahun 2009 s/d 2017.

Pada periode tersebut, Manchester City memenangkan gelar juara Liga Inggris masing-masing pada musim 2011/2012, 2013/2014 dan 2017/2018.

Manajer Manchester City Spanyol Pep Guardiola merayakan dengan trofi Liga Premier di lapangan setelah pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Aston Villa di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris, pada 22 Mei 2022. Manchester City Liga Premier Liga untuk keempat kalinya dalam lima musim setelah berburu gelar yang mendebarkan kesimpulan yang dramatis ketika sang juara melakukan comeback yang luar biasa dari ketinggalan dua gol untuk mengalahkan Aston Villa 3-2 pada hari Minggu.
Manajer Manchester City Spanyol Pep Guardiola merayakan dengan trofi Liga Premier di lapangan setelah pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Manchester City dan Aston Villa di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris, pada 22 Mei 2022. Manchester City Liga Premier Liga untuk keempat kalinya dalam lima musim setelah berburu gelar yang mendebarkan kesimpulan yang dramatis ketika sang juara melakukan comeback yang luar biasa dari ketinggalan dua gol untuk mengalahkan Aston Villa 3-2 pada hari Minggu. (Oli SCARFF / AFP)

Artinya jika gelar juara Liga Inggris pada musim tersebut dicabut, ada kemungkinan tim yang berhak mendapatkan hibah trofi adalah klub yang menjadi runner-up pada musim yang sama.

Jika skenario tersebut terjadi, maka Manchester United dan Liverpool otomatis ketiban rezeki tak terduga dari langit.

Manchester United tercatat pernah menjadi runner-up dimana Manchester City menjadi juara pada musim 2011/2022 dan 2017/2018.

Sementara, Liverpool juga menempati posisi yang sama ketika Manchester City memenangkan gelar Liga Inggris pada musim 2013/2014.

Berkaca dari situasi tersebut, maka otomatis Manchester United dan Liverpool berhak mengklaim gelar juara yang pernah dimenangkan Manchester City pada musim tersebut.

Terlepas dari skenario tersebut, layak dinanti seperti apa perkembangan kasus yang didakwakan kepada Manchester City tersebut kedepannya.

(Tribunnews.com/Dwi Setiawan)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas