Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Keindahan Timnas U22 Indonesia Juara SEA Games 2023, Tim Muda Garuda Berbalut Pengalaman Matang

Timnas U22 Indonesia yang dihuni para pemain muda kaya pengalaman berkat keputusan berani pelatih Shin Tae-yong dan Indra Sjafri.

Penulis: Guruh Putra Tama
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Keindahan Timnas U22 Indonesia Juara SEA Games 2023, Tim Muda Garuda Berbalut Pengalaman Matang
AFP/NHAC NGUYEN
Tim Indonesia merayakan podium setelah memenangkan pertandingan final sepak bola putra melawan Thailand pada Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) ke-32 di Phnom Penh pada 16 Mei 2023. Keberhasilan Timnas U22 Indonesia meraih medali emas menjadi imbalan besar dari proses panjang yang dikawal Shin Tae-yong dan Indra Sjafri. 

TRIBUNNEWS.COM - Timnas U22 Indonesia berhasil mengamankan medali emas SEA Games 2023 setelah mengalahkan Thailand dengan skor 5-2, Selasa (16/5/2023).

Kemenangan di final SEA Games ini disambut suka cita baik oleh Timnas Indonesia U22 maupun penggemar sepak bola tanah air.

Pasalnya medali emas ini menjadi yang pertama diraih Timnas U22 Indonesia sejak 32 tahun terakhir.

Pemain Thailand Settasit Suvannaseat (kanan) menyaksikan bola di sebelah pemain Indonesia Muhammad Taufany Muslihuddin (kiri) pada pertandingan final sepak bola putra Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) ke-32 di Phnom Penh pada 16 Mei 2023. Keberhasilan Timnas U22 Indonesia meraih medali emas menjadi imbalan besar dari proses panjang yang dikawal Shin Tae-yong dan Indra Sjafri.
Pemain Thailand Settasit Suvannaseat (kanan) menyaksikan bola di sebelah pemain Indonesia Muhammad Taufany Muslihuddin (kiri) pada pertandingan final sepak bola putra Pesta Olahraga Asia Tenggara (SEA Games) ke-32 di Phnom Penh pada 16 Mei 2023. Keberhasilan Timnas U22 Indonesia meraih medali emas menjadi imbalan besar dari proses panjang yang dikawal Shin Tae-yong dan Indra Sjafri. (AFP/NHAC NGUYEN)

Baca juga: Sosok Kombes Pol Sumardji, Manajer Timnas U22 Indonesia yang Jadi Korban Pemukulan di Laga Final

Keberhasilan meraih medali emas semakin manis dengan melihat lawan yang dikalahkan di final.

Lazim diketahui Indonesia cukup kesulitan mengalahkan Thailand dalam beberapa tahun terakhir.

Timnas Garuda bak dihantaui rasa penasaran besar untuk mengalahkan Thailand di turnamen-turnamen besar.

Untuk itu, Indonesia mulai melakukan pembenahan besar di bawah duet pelatih Shin Tae-yong dan Indra Sjafri sebagai Direktur Teknik.

BERITA TERKAIT

Keduanya mengambil keputusan berani dengan melakukan perubahan besar pada komposisi pemain timnas senior.

Pemain-pemain muda di bawah usia 23 tahun banyak menghiasi daftar susunan pemain timnas senior di bawah kendali Shin Tae-yong.

Nama-nama seperti Witan Sulaeman, Ramadhan Sananta, Pratama Arhan, Marselino Ferdinan hingga Rizky Ridho sering bolak-balik membela timnas senior.

Belum lagi menghitung sosok Elkan Baggott di lini belakang yang sedang berhalangan menjadi bagian tim di SEA Games 2023 kali ini.

Keputusan memasukkan para pemain muda di tingkat senior membuat mereka kenyang pengalaman bertanding di level tertinggi.

Shin Tae-yong bersama Indra Sjafri dan Sumardji
Shin Tae-yong bersama Indra Sjafri dan Sumardji (INSTAGRAM/@SHINTAEYONG7777)

Memang hasilnya tak bisa langsung dinikmati.

Proses yang sudah berjalan beberapa tahun akhirnya mulai membuahkan hasil dalam dua tahun ke belakang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas