Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Erick Thohir: Euforia Sudah Selesai, Jangan Sampai Timnas Dipuji Terbang Dikritik Jatuh

Erick Thohir membeberkan bahwa PSSI telah menyusun rencana jangka pendek, menengah, dan panjang untuk para pemain timnas.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Erick Thohir: Euforia Sudah Selesai, Jangan Sampai Timnas Dipuji Terbang Dikritik Jatuh
Tribunnews/JEPRIMA
Ketua Umum PSSI Erick Thohir bersama Menpora Dito Ariotedjo dan Pelatih Timnas Indra Sjafri serta para pemain Timnas U22 Indonesia berada diatas bus menyapa warga Jakarta saat arak-arakan menuju Bundaran HI di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (19/5/2023). Timnas sepak bola Indonesia memimpin arak-arak pencapaian 87 emas pada SEA Games 2023 Kamboja, Terdapat 14 cabang olahraga yang juga ikut dalam arak-arakan tersebut. Kegiatan itu dimulai dari halaman Kemenpora dilanjutkan ke Bundaran Hotel Indonesia dan berakhir di Gelora Bung Karno, Senayan dengan menggunakan bus tingkat atap terbuka milik TransJakarta untuk Timnas Sepak bola dan untuk atlet cabang olahraga lain menggunakan Bandros. Tribunnews/Jeprima 

Erick Thohir: Euforia Sudah Selesai, Jangan Sampai Timnas Dipuji Terbang Dikritik Jatuh

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ketua Umum PSSI, Erick Thohir merasa terharu dengan sambutan suporter dan masyarakat Indonesia terhadap Timnas Indonesia U-22.

Erick mengatakan masyarakat memiliki perasaan yang sama dengan para pemain yang berhasil menyudahi puasa gelar emas pada ajang sepakbola SEA Games yang terakhir disebut pada 32 tahun lalu.

Arak-arakan yang digelar sejak pagi hari merupakan bentuk apresiasi PSSI dan Kemenpora terhadap perjuangan Marselino dan kawan-kawan.

Baca juga: Kata PSSI Soal Atlet Cabang Olahraga Lain yang Merasa Tak Dihargai di Kirab Juara SEA Games 2023

Namun begitu, Erick berpesan agar para pemain tidak terus larut dalam kebahagiaan.

“Saya rasa euforia sudah selesai. Sekarang kita persiapkan kembali untuk event-event selanjutnya,” ujar Erick seusai perayaan di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat (19/5/2023).

BERITA REKOMENDASI

Erick mengatakan apresiasi merupakan hal yang lumrah didapat para Garuda Muda yang berhasil membawa pulang medali emas.

Namun, Erick Thohir tak ingin euforia yang terjadi disikapi berlebihan hingga membuat para pemain merasa sudah puas.

“Ini jangan sampai timnas kita dipuji terbang, nanti dikritik jatuh. Ini yang harus kita jaga itu. Kita benar-benar harus persiapkan. Mereka yang muda-muda ini akan menjadi core pembangunan timnas masa depan,” ucap Erick.

Lebih lanjut, Erick Thohir membeberkan bahwa PSSI telah menyusun rencana jangka pendek, menengah, dan panjang untuk para pemain timnas.

Pesepak bola Timnas U-22 Indonesia berada di atas bus saat arak-arakan melintas di Bundaran HI, Jakarta, Jumat (19/5/2023). Pawai tersebut untuk menyambut kemenangan pesepak bola Timnas Indonesia U-22 usai meraih medali emas pada SEA Games Kamboja. TRIBUNNEWS/HERUDIN
Pesepak bola Timnas U-22 Indonesia berada di atas bus saat arak-arakan melintas di Bundaran HI, Jakarta, Jumat (19/5/2023). Pawai tersebut untuk menyambut kemenangan pesepak bola Timnas Indonesia U-22 usai meraih medali emas pada SEA Games Kamboja. TRIBUNNEWS/HERUDIN (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Untuk itu ia ingin timnas mulai harus bersiap diri menghadapi sejumlah turnamen besar seperti kualifikasi Piala Dunia 2026, Asian Games, hingga Piala Asia.

Erick berharap Asian Games dapat menjadi sarana bagi para pemain timnas untuk meningkatkan pengalaman bertanding.

Karena itu Erick Thohir akan kirim Timnas SEA Games asuhan pelatih Indra Sjafri ke Piala Asia U-23.

Saat ini, Timnas Indonesia juga sedang mempersiapkan tim senior asuhan pelatih Shin Tae Yong untuk kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Pertandingan AFC 2024 di Qatar.

Dua skuad Timnas Indonesia itu diharapkan dapat memberikan penampilan terbaik guna meningkatkan peringkat Indonesia di FIFA.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
6
4
2
0
14
6
8
14
3
Arsenal
6
4
2
0
12
5
7
14
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas