Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Arab Saudi Diprediksi Akan Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030 atau 2034, Begini Kata Presiden AFC

Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), mengatakan Asia ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia lagi pada 2030 atau 2034, dan Arab Saudi tuan rumah.

Penulis: Muhammad Barir
zoom-in Arab Saudi Diprediksi Akan Menjadi Tuan Rumah Piala Dunia 2030 atau 2034, Begini Kata Presiden AFC
AFP
Penyerang Portugal Nassr Cristiano Ronaldo (kanan) merayakan dengan rekan setimnya gol pembuka mereka dalam pertandingan sepak bola Liga Pro Saudi antara Al-Nassr dan Al-Taawoun di Taman Mrsool di Riyadh pada 17 Februari 2023. AFP 

TRIBUNNEWS.COM- Presiden Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), Sheikh Salman bin Ebrahim Al-Khalifa, mengatakan Asia ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia lagi pada 2030 atau 2034, dan bahwa Arab Saudi yang akan menjadi tuan rumahnya.

Sebelumnya, Asia telah menggelar Piala Dunia dua kali: di Korea Selatan dan Jepang pada tahun 2002 dan pada tahun 2022 di Qatar. Kini Arab Saudi dijagokan sebagai calon tuan rumah 2030 atau 2034.

"Saya pikir Arab Saudi adalah negara yang mampu menyelenggarakan turnamen serupa," kata Sheikh Salman, yang berasal dari Bahrain, kepada wartawan di Beirut pada Senin saat berkunjung ke Suriah dan Lebanon seperti dikutip dari AFP.




"Tetapi kami harus memilih waktu yang tepat: 2030 atau 2034? Jika peluang kami untuk menjadi tuan rumah turnamen lebih baik pada 2034, kami akan mempertimbangkannya, dan jika kondisi kami pada 2030 lebih baik, mengapa tidak?"

Pada tahun 2026, ketika Piala Dunia meningkat menjadi 48 tim, akan dibagi tiga untuk pertama kalinya dengan Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko sebagai tuan rumah.

Ada dua tawaran dari banyak negara yang diusulkan untuk tahun 2030, satu dari Spanyol, Portugal dan Maroko, dan satu oleh Argentina, Chile, Uruguay dan Paraguay, yang akan mengembalikan Piala Dunia ke lokasi final pertama, di Montevideo.

September lalu, juru bicara Kementerian Pemuda dan Olahraga Mesir, Muhammad Fawzi, mengatakan negaranya sedang mempelajari tawaran bersama dengan Arab Saudi dan Yunani.

BERITA TERKAIT

Menteri Olahraga Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Turki Al-Faisal, mengatakan kepada AFP pada Februari bahwa negaranya belum mengajukan berkas pencalonan, tetapi menambahkan bahwa "segalanya mungkin."

Sheikh Salman mengatakan dia ingin memastikan AFC bersatu di balik tawaran apa pun dan mendapat dukungan dari tempat lain.

"Kami berkoordinasi dengan federasi kontinental dan FIFA atas dasar bahwa kami akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030 atau 2034 dengan kesepakatan dengan semua orang,

sehingga ketika file disajikan, kami harus memastikan bahwa itu berhasil setidaknya 90 persen," ujarnya. dikatakan.

"Kami memiliki 47 suara, sementara Anda membutuhkan lebih dari 110 suara untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Kami harus mendapat dukungan dari benua lain. Kami sedang mengoordinasikan waktu yang tepat untuk menjadi tuan rumah kejuaraan ini."

Meniru tetangga Qatar dan Uni Emirat Arab, Arab Saudi telah banyak berinvestasi dalam olahraga sebagai bagian dari strategi "Visi 2030" untuk mendiversifikasi ekonomi yang bergantung pada minyak.

Kerajaan akan menjadi tuan rumah Piala Wanita AFC pada tahun 2026, Piala Asia untuk pertama kalinya pada tahun 2027, Asian Games multisport pada tahun 2034, dan dijadwalkan untuk menggelar Asian Winter Games 2029 di atas salju buatan di kota futuristik raksasa yang direncanakan, Neom.

Itu sudah menjadi tuan rumah balapan Formula Satu di Jeddah, Piala Super Spanyol tahunan, turnamen golf, dan pertarungan gelar juara dunia tinju.

Cristiano Ronaldo bergabung dengan klub Saudi Al Nassr pada bulan Januari dan dana kekayaan kedaulatan negara membiayai tur golf LIV yang memisahkan diri dan memiliki Newcastle United di Liga Premier Inggris.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas