Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Indonesia vs Argentina, Scaloni Pakai Taktik Bunglon, Messi Cadangan? STY: Kami Dapat Lawan Sepadan

Menghadapi Indonesia, Argentina bisa saja menerapkan taktik bunglon, bahkan dengan mencadangkan Lionel Messi, kapten tim sekaligus jangkar permainan

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Indonesia vs Argentina, Scaloni Pakai Taktik Bunglon, Messi Cadangan? STY: Kami Dapat Lawan Sepadan
Grafis Tribunnews.com
Daftar skuad Timnas Argentina yang melakoni tur ke Asia pada termasuk saat melakoni laga FIFA Matchday melawan Timnas Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno, Senin 19 Juni 2023 mendatang. 

Indonesia vs Argentina, Scaloni Pakai Taktik Bunglon, Messi Cadangan? STY: Timnas Dapat Lawan Sepadan

TRIBUNNEWS.COM - Pelatih Argentina, Lionel Scaloni menyebut skuad besutannya punya formasi dan taktik yang tidak mudah dibaca pelatih lawan.

Timnas Argentina di tangan Lionel Scaloni memiliki karakteristik yang bakal menyulitkan Shin Tae-yong di timnas Indonesia.

Argentina yang baru menjuarai Piala Dunia 2022 akan menerima tantangan timnas Indonesia pada FIFA Matchday, 19 Juni mendatang.

Baca juga: Menebak Alasan Shin Tae-yong Tak Panggil Ramadhan Sananta yang Kadung Umumkan Main Lawan Argentina

Di atas kertas, Argentina bakal menjadi tim yang dominan, mengingat perbedaan kualitas yang terlalu jauh dengan Indonesia.

Di kubu Indonesia, Shin Tae-yong dikenal menerapkan skema tiga bek bersama timnas Indonesia jika menghadapi lawan lebih berat.

Hanya, pekerjaan Shin Tae-yong tak akan mudah saat mencoba menganalisis Argentina, seturut kebiasaan bunglon sang juara dunia.

BERITA TERKAIT

Dilansir dari The Athletic, Argentina merupakan tim pemenang Piala Dunia yang paling fleksibel secara taktikal.

Kolomnis Michael Cox menuliskan Lionel Scaloni tidak memiliki Plan A di sepanjang turnamen, dan selalu mengganti formasi.

Scaloni menggunakan 4-4-2 saat berjumpa Arab Saudi dan Meksiko, lalu 4-3-3 melawan Polandia, berlanjut 4-4-2 dan 5-3-2 kala mengatasi Australia, tetap 5-3-2 saat menekuk Belanda, lalu 4-4-2 dan 4-3-3 di babak semifinal dan final.

Dalam penampilan teranyar Scaloni di depan Forum Pelatih Pasca-Piala Dunia 2022 yang digelar FIFA, pelatih muda itu sekali lagi menegaskan taktik bunglonnya.

Gelandang Argentina  Angel Di Maria, Bek Argentina Nicolas Otamendi, Gelandang Argentina Rodrigo De Paul, Bek Argentina  Nicolas Tagliafico, Gelandang Argentina  Enzo Fernandez, Penyerang Argentina  Julian Alvarez, Gelandang Argentina  Alexis Mac Allister, bek Argentina  Nahuel Molina, bek Argentina  Cristian Romero, kiper Argentina  Emiliano Martinez dan penyerang Argentina Lionel Messi menyanyikan lagu kebangsaan mereka sebelum dimulainya pertandingan sepak bola final Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP)
Gelandang Argentina Angel Di Maria, Bek Argentina Nicolas Otamendi, Gelandang Argentina Rodrigo De Paul, Bek Argentina Nicolas Tagliafico, Gelandang Argentina Enzo Fernandez, Penyerang Argentina Julian Alvarez, Gelandang Argentina Alexis Mac Allister, bek Argentina Nahuel Molina, bek Argentina Cristian Romero, kiper Argentina Emiliano Martinez dan penyerang Argentina Lionel Messi menyanyikan lagu kebangsaan mereka sebelum dimulainya pertandingan sepak bola final Piala Dunia Qatar 2022 antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha pada 18 Desember 2022. (Kirill KUDRYAVTSEV / AFP) (AFP/KIRILL KUDRYAVTSEV)

Menghadapi Indonesia, Argentina bisa saja menerapkan taktik bunglon tersebut, bahkan dengan mencadangkan Lionel Messi, kapten tim sekaligus jangkar pemainan albiceleste.

Hal itu sekaligus menjadi peringatan bagi Shin Tae-yong mengenai apa yang akan dihadapi pada 19 Juni.

"Ini bukan hanya penting, tetapi juga esensial," ucap Lionel Scaloni dikutip dari laman resmi FIFA (10/5/2023).

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas