Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Argentina Susah Payah Menang 2-0, Shin Tae-yong: Mental Pemain Indonesia Tak Gentar, Tak Kalah Jauh

Indonesia Takluk 0-2 Dari Argentina, Shin Tae-yong Akui Argentina Bermain Sangat Bagus. Tapi mental Indonesia sudah terbukti tak gentar lawan juara

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Argentina Susah Payah Menang 2-0, Shin Tae-yong: Mental Pemain Indonesia Tak Gentar, Tak Kalah Jauh
Tribunnews/Abdul Majid
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (tengah) saat menghadiri sesi post match conference kontra Argentina di Media Center Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023). 

Argentina Susah Payah Menang 2-0, Shin Tae-yong: Mental Pemain Indonesia Tak Gentar

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Timnas Indonesia takluk 0-2 dari Argentina dalam laga FIFA Matchday yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin (19/6/2023).

Dua gol Argentina dicetak oleh Leandro Paredes 38’ dan Cristian Romero 55’.

Meski menang, Argentina tampak tidak mudah menembus barisan pertahanan Timnas Indonesia.

Baca juga: Fakta Menarik Indonesia vs Argentina: Juara Dunia Menang Susah Payah, Garnacho Dikantongi Asnawi

Baca juga: Indonesia vs Argentina: Emiliano Martinez Maju ke Tengah, Seorang Suporter Menerobos Masuk Lapangan

Dalam beberapa momen, Timnas Indonesia juga mencatatkan sejumlah peluang emas.

Susah payah, kiper Timnas Argentina, Emiliano Martinez tampak harus banting diri menepis bola yang datang ke arah gawangnya.

BERITA TERKAIT

Seusai laga pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengakui juara Piala Dunia 2022 itu bermain sangat bagus.

“Memang tim Argentina itu permainannya sangat bagus,” kata Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers.

Baca juga: Marselino Menari di Antara Pilar Argentina: Aksi Nutmeg Hingga Tipu-tipu Tanpa Bola, Garnacho Lewat!

Pemain Argentina berebut bola diudara dengan pemain Timnas Indonesia Marc Klok pada laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2023). Indonesia ketinggalan 0-1 dari Argentina pada babak pertama laga tersebut. Tribunnews/Jeprima
Pemain Argentina berebut bola diudara dengan pemain Timnas Indonesia Marc Klok pada laga persahabatan FIFA Matchday di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2023). Indonesia ketinggalan 0-1 dari Argentina pada babak pertama laga tersebut. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Meski demikian, pelatih asal Korea Selatan tersebut tetap mengapresiasi kinerja Marc Klok dkk. yang telah bekerja keras selama pertandingan.

Ia berharap laga ini bisa dijadikan pengalaman bagi para pemain Timnas Indonesia untuk tampil lebih baik lagi pada laga-laga berikutnya.

“Tetapi secara mental para pemain Indonesia tidak gentar dan tidak kalah jauh. Jadi dengan pengalaman-pengalaman seperti ini saya harap ini jadi motivasi bagi pemain untuk berkembang. Saya ingin sampaikan kepada pemain terima kasih karena sudah bekerja keras,” ujar Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong mengatakan dalam laga kontra Argentina ini dirinya juga masih mencoba-coba para pemainnya.

Ia ingin para pemainnya yang  rata-rata baru berusia 23 tahun ini bisa benar-benar mempelajari cara bermain pemain-pemain kelas dunia.

Baca juga: Video Asnawi Mampu Atasi Garnacho Saat Tak Jadi Lawan Messi: Wonderkid Man United Diteriaki Penonton

Presiden Joko Widodo menyalami para pemain Timnas Indonesia, pelatih Shin Tae-yong hingga official usai laga persahabatan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2023). Presiden Jokowi tetap memberi semangat kepada pemain Timnas Indonesia meski dikalahkan Argentina 0-2. TRIBUNNEWS/JEPRIMA
Presiden Joko Widodo menyalami para pemain Timnas Indonesia, pelatih Shin Tae-yong hingga official usai laga persahabatan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2023). Presiden Jokowi tetap memberi semangat kepada pemain Timnas Indonesia meski dikalahkan Argentina 0-2. TRIBUNNEWS/JEPRIMA (TRIBUNNEWS/JEPRIMA)

Akan tetapi secara keseluruhan Shin Tae-yong mengakui anak asuhannya masih banyak kekurangan dan kekurangan ini jadi pembelajaran guna tampil lebih baik lagi.

“Memang uji coba kali ini saya mencoba-coba dan bisa dilihat juga dari rata-rata umur pemain Timnas di laga ini hampir 23-an (tahun), Ivar dan Rafael juga masih muda, Marselino dan Nando juga masih muda, tetapi mereka sudah mau bekerja keras dan mau menjalankan instruksi dari saya sebagai pelatih,” kata Shin Tae-yong.

“Selama dua hari ini kami sudah analisa Argentina seperti apa dan memang para pemain menyesuaikan dan menjalankan instruksi saya dengan sempurna, namun tetap masih ada kekurangan dan masih jauh jalan untuk berkembang,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas