Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Arab Saudi Umumkan Kesiapan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Arab Saudi mengumumkan akan mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Arab Saudi langsung menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Arab Saudi Umumkan Kesiapan Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034
Federasi Sepakbola Saudi (saff.com)
Arab Saudi mengumumkan akan mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, Kamis (5/10/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Arab Saudi mengumumkan akan mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034, Kamis (5/10/2023).

Pengumuman itu disampaikan tak lama setelah FIFA menyatakan tentang status tuan rumah Piala Dunia 2030 yang akan digelar di enam negara di tiga benua.

FIFA sebelumnya mengumumkan bahwa Piala Dunia 2030 akan digelar di Spanyol, Portugal dan Maroko sebagai tuan rumah bersama.

Selain itu, tiga negara di Amerika Selatan yakni Uruguay, Argentina dan Paraguay juga akan menggelar masing-masing satu laga pembuka.

Adanya enam negara di tiga benua sebagai venue tempat dimainkannya laga Piala Dunia 2030 ini merupakan bagian dari peringatan 100 tahun turnamen tersebut.

Menyusul hal itu pula, maka pada Piala Dunia 2034 tuan rumahnya akan berasal dari konfederasi Asia atau Oseania.

Asosiasi anggota dari AFC dan OFC diundang untuk meluncurkan penawaran untuk Piala Dunia FIFA 2034.

Baca juga: Piala Dunia 2030 Digelar di Enam Negara di Tiga Benua, Edisi Spesial Merayakan 100 Tahun Turnamen

BERITA TERKAIT

Tak lama setelah pengumuman itu, Arab Saudi langsung menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

“Dipimpin oleh Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF), pencalonan untuk tahun 2034 bertujuan untuk menghadirkan turnamen kelas dunia dan akan mengambil inspirasi dari transformasi sosial dan ekonomi Arab Saudi yang sedang berlangsung serta kecintaan negara tersebut terhadap sepak bola,” kata FA Saudi dalam sebuah pernyataan di laman resmi.

Pengumuman untuk mencalonkan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia ini terjadi setelah 6 kali partisipasi timnas Saudi sebelumnya, terakhir pada tahun 2022.

Saudi mengklaim, penawaran menjadi tuan rumah Piala Dunia ini didukung dengan semakin berkembangnya pengalaman mereka dalam menjadi tuan rumah acara sepak bola kelas dunia dan rencana berkelanjutannya untuk menyambut penggemar di seluruh dunia ke Piala Dunia Antarklub FIFA 2023 dan Piala Asia AFC 2027.

Negara yang berbatasan dengan teluk Persia ini memiliki rencana, terhitung dari 2018 hingga pada 2034 jelang Piala Dunia nanti, lebih dari 50 acara olahraga internasional akan digelar di Arab Saudi, mulai sepak bola, balap motor, golf, olahraga elektronik, tenis, berkuda, dan lain-lain.

Negara yang dipimpin Raja Salman ini berhasrat untuk mengukuhkan posisinya sebagai salah satu negara olahraga global terkemuka.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas