Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Peta Persaingan Grup A Piala Dunia U-17: Indonesia Tahan Maroko, Petik Poin dari Panama?

Indonesia memang jadi tim yang tak berpengalaman dibanding tiga negara lainnya yang pernah bermain di ajang Piala Dunia U-17 ini.

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Peta Persaingan Grup A Piala Dunia U-17: Indonesia Tahan Maroko, Petik Poin dari Panama?
Foto: PSSI.org
LATIHAN- Timnas Indonesia U-17 berlatih di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (30/10). Skuat asuhan Bima Sakti ini pindah home base ke Surabaya kemarin (3/11). 

Peta Persaingan Grup A Piala Dunia U-17: Indonesia Tahan Maroko, Petik Poin dari Panama

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTATimnas Indonesia U-17 bersiap melakoni pertandingan di Piala Dunia U-17 2023.

Pada ajang tersebut, Muhammad Iqbal Gwijangge dkk. berada di grup A bersama dengan Panama, Maroko dan Ekuador.

Seperti diketahui, Ekuador melaju ke Piala Dunia U-17 usai sebelumnya finis pada peringkat kedua Copa Amerika U-17 2023.

Panama memastikan penampilan pertama mereka di PD U-17 sejak 2013, dengan kemenangan dramatis 2-1 atas Honduras di perempat final U-17 Concacaf 2023.

Sementara, Maroko melaju ke Piala Dunia U-17 usai finis sebagai runner-up Piala Afrika U-17 2023.

BERITA TERKAIT

Pengamat sepakbola Indonesia, Kesit Budi Handoyo mengatakan Indonesia masih sangat mungkin melaju ke babak 16 besar.

Dengan catatan, skuad Garuda Muda harus benar-benar memaksimalkan setiap pertandingannya termasuk menahan permainan Maroko yang dinilai sangat baik bila dibanding tim lainnya.

“Dari tiga lawan ini memang Panama paling rendah dari ranking FIFA, tapi peluang untuk bisa beradu dengan Panama cukup terbuka dibandingkan dengan Ekuador dan Maroko,” ujar Kesit saat dihubungi wartawan, Jumat(3/11/2023).

“Tapi siapa tahu kita bisa menahan Maroko dan memetik angka dari Panama kita bisa mencuri satu tempat dari tiga terbaik syukur bisa dapat runner up tapi ada kans untuk bisa bersaing. Kesempatan sekecil apapun harus diambil oleh Timnas Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, menilik dari permainan, Indonesia memang jadi tim yang tak berpengalaman dibanding tiga negara lainnya yang pernah bermain di ajang ini.

Akan tetapi, menurut Kesit Indonesia tetap punya kans yang kuat karena bermain di hadapan publik sendiri.

“Kalau prospek  pasti ada dan kita juga belum melihat penampilan tim-tim yg tampil di piala dunia di grup kita kita hanya berpatokan dengan pengalaman mereka yang pernah tampil di piala dunia dan juga peringkat mereka di FIFA itu bisa menjadi acuan,” ujar Kesit.

“Tetapi kembali bagi saya kita sebagai tuan rumah momen ini harus dimanfaatkan bila berkaca dengan persiapan memang Indonesia saya rasa masih kurang tetapi masih ada celah untuk kita tunjukkan bahwa kita pantas tampil di Piala Dunia,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kesit mengatakan bahwa ajang ini juga sangat bagus guna menempa kualitas para pesepakbola muda Indonesia yang bakal menjadi tumpuan di masa Timnas Indonesia selanjutnya.

“Yang terpenting saat ini adalah memberikan pengalaman bertanding kepada mereka karena ini bisa menjadi modal yang bagus untuk mereka,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas