Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Aturan Baru Penonton Liga 1: Bendera & Koreo Palestina Diperbolehkan, Pesan Politik Dilarang

PSSI secara resmi menerbitkan peraturan baru terkait pengibaran bendera ataupun atribut tentang Palestina di Liga 1 2023/2024.

Penulis: Dwi Setiawan
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Aturan Baru Penonton Liga 1: Bendera & Koreo Palestina Diperbolehkan, Pesan Politik Dilarang
AFP/JUNI KRISWANTO
Suporter memegang bendera Palestina (kiri) dan Indonesia (kanan) dalam laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/6/2023) malam. Hasil akhir pertandingan, kedua tim bermain imbang 0-0. AFP/JUNI KRISWANTO 

TRIBUNNEWS.COM - PSSI secara resmi menerbitkan peraturan baru terkait pengibaran bendera ataupun atribut tentang Palestina di Liga 1 2023/2024.

Dalam rilis terbarunya, PSSI memperbolehkan para penonton untuk mengibarkan bendera Palestina selama pertandingan Liga 1.

Tak hanya itu saja, para penonton khususnya suporter diizinkan untuk membuat koreo berupa dukungan kepada rakyat Palestina.

Disisi lain, ada beberapa larangan juga yang diatur PSSI terkait hal yang sama untuk para penonton Liga 1 di stadion.

Salah satunya terkait larangan soal tulisan yang berbau pesan politik dalam bentuk teks baik dalam spanduk ataupun atribut lainnya di dalam stadion.

Baca juga: Rumor Transfer Liga 1: Persib Bandung Bidik Rekan Setim Saddil Ramdani di Liga Super Malaysia

Pemberlakuan aturan tersebut diyakini sebagai bentuk tindak lanjut insiden yang terjadi pada beberapa laga pekan 18 Liga 1 2023/2024.

Tepat pada laga pekan 18, beberapa suporter mencoba mengibarkan bendera Palestina ketika mendukung secara langsung timnya di stadion.

BERITA REKOMENDASI

Momen tersebut salah satunya terjadi dalam laga antara Persib Bandung vs PSM Makassar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Dalam laga tersebut, ada salah satu pendukung Persib yang membentangkan bendera Palestina di dalam stadion.

Lalu, ada steward alias penjaga keamanan stadion yang mencoba melepaskan bendera Palestina tersebut dan menimbulkan keriuhan.

Suporter memegang bendera Palestina (kiri) dan Indonesia (kanan) dalam laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/6/2023) malam. Hasil akhir pertandingan, kedua tim bermain imbang 0-0. AFP/JUNI KRISWANTO
Suporter memegang bendera Palestina (kiri) dan Indonesia (kanan) dalam laga FIFA Matchday antara Timnas Indonesia melawan Timnas Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Kota Surabaya, Jawa Timur, Rabu (14/6/2023) malam. Hasil akhir pertandingan, kedua tim bermain imbang 0-0. AFP/JUNI KRISWANTO (AFP/JUNI KRISWANTO)

Dalam laga lainnya antara PSM Makassar kontra Persija Jakarta juga sempat terjadi hal sama.

Namun tidak ada reaksi berlebihan dari steward yang memaksa mencopot bendera Palestina seperti di kandang Persib.

Berbagai tindakan steward itulah yang memicu perdebatan suporter hingga pada akhirnya komite hukum PSSI terpaksa menerbitkan aturan anyar.

Dikutip dari akun instagram @pengamatsepakbola, ada beberapa hal yang dilarang sekaligus diperbolehkan terkait aturan pengibaran bendera Palestina.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Persebaya
7
5
2
0
7
2
5
17
2
Borneo
7
4
3
0
10
3
7
15
3
Bali United
7
4
2
1
12
6
6
14
4
Persib
7
3
4
0
13
7
6
13
5
PSM Makasar
7
3
3
1
9
4
5
12
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas