Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Memori Indah Walter Mazzarri Bersama Napoli, Bakal Beda Gaya di Periode Kedua

Penunjukkan Walter Mazzarri sebagai pelatih Napoli bak membuat Partenopei ingin mengulang masa-masa indah satu dekade silam.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Siti Nurjannah Wulandari
zoom-in Memori Indah Walter Mazzarri Bersama Napoli, Bakal Beda Gaya di Periode Kedua
VINCENZO PINTO / AFP
Pelatih Cagliari asal Italia, Walter Mazzari memberi isyarat selama pertandingan sepak bola Serie A Italia antara Lazio dan Cagliari di stadion Olimpiade, di Roma, pada 19 September 2021. (Photo by VINCENZO PINTO / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Napoli resmi menunjuk Walter Mazzarri setelah memecat Rudi Garcia dari jabatan pelatih.

Penunjukkan Walter Mazzarri sebagai pelatih Napoli bak membuat Partenopei ingin mengulang masa-masa indah lebih dari satu dekade silam.

Ya, Walter Mazzarri bukanlah orang baru bagi Napoli. Pelatih 62 tahun ini pernah menangani Partenopei selama empat tahun, dari 2009 hingga 2013.

Sebelum kedatangan Mazzarri kala itu, Napoli mengalami banyak pasang surut. Tim yang identik dengan seragam berwarna biru langit ini sempat bangkrut pada 2004.

Akibatnya, Napoli terpaksa memulai lagi dari divisi amatir di bawah naungan baru sang presiden saat ini, Aurelio De Laurentiis.

Mereka akhirnya kembali ke Serie A pada tahun 2007 setelah absen selama enam tahun dan Mazzarri ditunjuk dua tahun setelah itu.

Baca juga: Meme Walter Mazzarri Pelatih Baru Napoli: Aksi Kunyah Botol hingga Cosplay Jadi Thanos

Selama empat tahun diampu Mazzarri, Napoli menunjukkan perkembangan yang cukup baik.

BERITA TERKAIT

Kepemimpinannya mendorong Napoli kembali ke papan atas Liga, bahkan juga memenangkan Coppa Italia pada 2012, trofi pertama dalam 22 tahun.

Selain itu, pelatih kelahiran San Vincenzo itu juga membawa Napoli ke Liga Champions pada 2011 setelah absen selama 21 tahun lamanya.

Sayang, kebersamaan Mazzarri bersama Partenopei akhirnya kandas setelah mereka kalah 2-1 dari AS Roma pada 19 Mei 2013.

Kala itu, AS Roma diasuh Aurelio Andreazzoli, pelatih yang saat ini menukangi Empoli, tim yang kemudian membuat Rudi Garcia dipecat.

Setelah itu, Mazzarri melatih beberapa klub seperti di Inter Milan, Watford, Torino dan yang terbaru Cagliari yang berakhir pada Mei 2022.

Masih kuat dalam ingatan, skuad Mazzarri di Napoli kala itu diisi nama-nama yang cukup tenar seperti Rolando, Miguel Angel Britos dan Paolo Cannavaro di lini belakang, didepan kiper Antonio Rosati.

Walter Mazzarri saat latih Watford
Walter Mazzarri saat melatih Watford pada pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris antara Crystal Palace dan Watford di Selhurst Park di London selatan pada 18 Maret 2017. Glyn KIRK / AFP

Baca juga: Daftar Uang Jatah Liga Champions Tim Italia: AC Milan Raup Rp59 Juta, Inter & Napoli Miliaran Rupiah

Christian Maggio dan Camilo Zuniga menjadi bek sayap di samping Valon Behrami dan Blerim Dzemaili.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas