Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Wakil Ketua Komite Wasit PSSI Asal Jepang Yoshima Ogawa Sebut Fisik Wasit di Indonesia Masih Lembek

Yoshimi Ogawa menilai wasit-wasit yang memimpin pertandingan baik di Liga 1 maupun Liga 2 Indonesia masih belum optimal dalam hal kebugaran fisik

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Wakil Ketua Komite Wasit PSSI Asal Jepang Yoshima Ogawa Sebut Fisik Wasit di Indonesia Masih Lembek
Tribunnews/Abdul Majid
Wakil Ketua Komite Wasit PSSI, Yoshimi Ogawa saat diwawancarai usai berdiskusi dengan awak media di Menara Telkom Hub, Jakarta, Senin (20/11/2023). 

Wakil Ketua Komite Wasit PSSI Asal Jepang Yoshima Ogawa Sebut Fisik Wasit di Indonesia Masih Lembek

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Komite Wasit PSSI asal Jepang, Yoshimi Ogawa menilai wasit-wasit yang memimpin pertandingan baik di Liga 1 maupun Liga 2 Indonesia masih belum optimal dalam hal kebugaran fisik.

Menurutnya, kebugaran fisik jadi salah satu faktor penting yang harus dimiliki wasit untuk bisa memimpin sebuah pertandingan.

“Sebenarnya bulan Juni saya datang ke sini untuk mengamati tes kebugaran, tapi tanpa latihan praktek. Tingkat kebugaran beberapa wasit sudah cukup baik, tapi beberapa wasit perlu ditingkatkan,” kata Ogawa saat berdiskusi dengan awak Media di Menara Telkom Hub, Jakarta, Senin (20/11/2023).

Baca juga: Presiden FIFA Dapat Bintang Jasa dari Presiden Jokowi, Wasit Legend Pierluigi Collina Pakai Peci

“Mungkin lebih dari 50 persen wasitnya bagus. Namun selebihnya juga terkait dengan wasit Liga 1 dan Liga 2.  Seharusnya kebugarannya ditingkatkan,” sambungnya.

Ogawa bakal terus memberikan pemahaman untuk mengembangkan kinerja wasit dan asisten wasit di Indonesia.

BERITA TERKAIT

Hal penting lainnya yaitu mengenai Laws of The Game terbaru.

Untuk itu, beberapa kesalahan keputusan yang diambil beberapa wasit bakal dievaluasi agar dan dijadikan pembelajaran agar ke depan kualitas wasit di Indonesia bisa lebih baik.

“Kami akan melanjutkan program dukungan seperti ini kepada wasit, asisten wasit dan tentunya mereka akan meningkatkan itu,” ujar wasit asal Jepang tersebut.

“Khususnya hari ini, saya berbagi dengan Anda (awak media) bagaimana kami dapat menganalisis kinerja mereka, bagaimana kami dapat memberikan masukan kepada mereka. Lalu, berdasarkan masukan tersebut, bagaimana mereka bisa meningkatkannya untuk pertandingan berikutnya,.

“Ini sangat penting makanya saya tidak bisa bilang (soal performa), tolong beri kami waktu untuk melihat peningkatannya,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas