Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Jose Mourinho Dipecat, The Special One Masuk Daftar Pelatih Maniak Shopping, Habiskan Rp31 Triliun

Jose Mourinho dipecat AS Roma, masuk daftar pelatih maniak belanja pemain yang ditaksir mencapai Rp31 triliun sepanjang kariernya.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
zoom-in Jose Mourinho Dipecat, The Special One Masuk Daftar Pelatih Maniak Shopping, Habiskan Rp31 Triliun
Tiziana FABI / AFP
Reaksi pelatih AS Roma, Jose Mourinho saat pertandingan sepak bola Serie A Italia melawan Monza di stadion Olimpiade di Roma pada 22 Oktober 2023. 

TRIBUNNEWS.COM - Jose Mourinho resmi dipecat AS Roma, Selasa (16/1/2024). Pria berjuluk The Special One ini membukukan catatan fantastis masuk daftar pelatih hobi belanja pemain.

AS Roma secara resmi sudah mengumumkan bahwa Mourinho, dan seluruh stafnya, dipersilakan angkat koper dari Stadion Olimpico. Kebersamaan kedua pihak berakhir lebih cepat.

"AS Roma mengumumkan bahwa Jose Mourinho dan kolaborator teknisnya akan segera meninggalkan Klub. Pembaruan lebih lanjut mengenai panduan teknis Tim Utama yang baru akan dikomunikasikan segera," demikian pernyataan AS Roma melalui web resmi.

Menariknya, pemecatan Jose Mourinho membuat pelatih berkebangsaan Portugal tersebut mengupgrade daftar juru taktik yang maniak membeli pemain baru.

Sejauh ini, Mourinho menukangi deretan klub kelas wahid dengan kekuatan finansial mumpuni. 

Di antaranya Mourinho pernah menjadi pelatih Inter Milan, Porto, Real Madrid, Chelsea, Manchester United hingga terbaru AS Roma.

Menurut laporan DailyMail, Mou berada dalam daftar 10 besar pelatih yang banyak menghabiskan puluhan triliun uang sepanjang kariernya sebagai juru taktik.

BERITA REKOMENDASI

Tercatat mantan pelatih Tottenham Hotspur ini menghabiskan £1,6 miliar atau sekitar Rp31 triliun untuk bursa transfer pemain. 

Hanya saja angka tersebut tidak menempatkan Mou di posisi teratas pelatih maniak shopping. Dia berada di urutan kedua di bawah Pep Guardiola.

Guardiola menduduki posisi pertama sebagai manajer yang menghabiskan dana fantastis di bursa transfer.

Sepanjang kariernya, Guardiola menghabiskan dana £1,7 miliar (Rp33 triliun), terhitung saat membesut Barcelona, Bayern Munchen dan Manchester City.

Baca juga: Penerus Jose Mourinho di AS Roma Langsung Muncul, Giallorossi Punya Sosok Favorit

Di posisi 3 bawah Jose Mourinho, ada Carlo Ancelotti.

Juru taktik yang kini membesut Real Madrid, tercatat sudah menghabiskan biaya transfer £1,46 miliar atau sekitar Rp28 triliun.

Pelatih asal Italia ini menukangi klub-klub elite dunia Real Madrid, Chelsea, Bayern Munchen, AC Milan, Juventus, dan PSG.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Napoli
7
5
1
1
14
5
9
16
2
Juventus
6
3
3
0
9
0
9
12
3
AC Milan
6
3
2
1
14
7
7
11
4
Inter Milan
6
3
2
1
13
7
6
11
5
Torino
6
3
2
1
10
8
2
11
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas