Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Jelang Vietnam vs Indonesia, Saatnya Timnas Indonesia Hapus Kutukan 20 Tahun Tak Menang di My Dinh

Timnas Indonesia dihantui kutukan tak pernah menang di stadion Nasional My Dinh. Di markas Vietnam ini, tim Garuda tercatat belum pernah menang.

Penulis: Deny Budiman
Editor: Muhammad Barir
zoom-in Jelang Vietnam vs Indonesia, Saatnya Timnas Indonesia Hapus Kutukan 20 Tahun Tak Menang di My Dinh
pssi.org
Egy Maulana Vikri (kanan) merayakan gol bersama Witan Sulaeman (kanan), dan Pratama Arhan (tengah) setelah mencetak gol pada laga Timnas Indonesia vs Vietnam dalam lanjutan Putaran Kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024) malam. 

Jelang Vietnam vs Indonesia, Saatnya Timnas Indonesia Runtuhkan Kutukan 20 Tahun, Tak Menang di My Dinh

TRIBUNNEWS.COM- Timnas Indonesia dihantui kutukan tak pernah menang di stadion Nasional My Dinh.

Di markas Vietnam ini, tim Garuda tercatat belum pernah menang satu kali pun dalam 20 tahun terakhir.

Pasukan Merah Putih akan kembali ke stadion sulit di Hanoi ini saat melakoni laga kontra tuan rumah dalam pekan keempat Kualifikasi Piala Dunia 2026 grup F, Selasa (26/3) malam.

Pada laga pekan ketiga sebelumnya (21/3), timnas Indonesia meraih hasil positif 1-0 atas Vietnam di Stadion  Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Gol semata wayang timnas Indonesia lahir berkat sepakan Egy Maulana Vikri pada menit ke-52 Namun, untuk  laga tandang kali ini, timnas Indonesia dibayangi catatan buruk ketika mentas di kandang Vietnam, yakni Stadion  Nasional My Dinh.

Pasukan Merah putih sudah dua dekade tak bisa merasakan kemenangan di stadion berkapasitas 40 ribu orang  tersebut.

BERITA TERKAIT

Jika menghitung kemenangan terakhir Indonesia di markas Vietnam lewat hari laga, skuad Garuda sudah puasa hasil positif selama 19 tahun, 3 bulan lebih.

Kali terakhir tim berjulukan Garuda itu menang atas Vietnam di Stadion Nasional My Dinh pada laga Grup A Piala  Tiger pada 11 Desember 2004. Ketika itu, gol-gol timnas Indonesia lahir berkat aksi Mauly Lessy, Boaz Solossa,  dan Ilham Jayakesuma.

Media Vietnam, VN Express, lantas memberikan sorotan soal timnas Indonesia yang tak menang menghadapi  skuad The Golden Star di Stadion Nasional My Dinh.

“Kali terakhir, timnas Indonesia menang di Stadion Nasional My Dinh pada babak fase grup Piala AFF 2004,” tulis  VN Express.

“Sejak itu, Indonesia telah menjadi tamu enam kali dengan rincian empat imbang dan dua kekalahan.”

Walau demikian, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menegaskan, anak-anak asuhnya siap untuk mengerahkan seluruh kemampuan demi berjaya di kandang Vietnam.

Potret dari udara markas Vietnam, My Dinh National Stadium jelang menjamu Timnas Indonesia dalam lanjutan grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026.
Potret dari udara markas Vietnam, My Dinh National Stadium jelang menjamu Timnas Indonesia dalam lanjutan grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026. (VFF)

“Memang benar timnas Indonesia sudah lama tidak menang di Stadion Nasional My Dinh,” kata mantan pelatih  Korea Selatan itu. “Saya bakal berusaha membuktikan bahwa Indonesia bisa menang,” ungkap juru racik  berumur 53 tahun tersebut dikutip dari Bolasports.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas