Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Curhat Thom Haye Rasakan Kebahagiaan Main untuk Indonesia, Ungkap Perbedaan Kultur dengan Belanda

Thom Haye mengaku sangat menikmati momen debut bersama Timnas Indonesia saat membantai Vietnam pekan lalu.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Curhat Thom Haye Rasakan Kebahagiaan Main untuk Indonesia, Ungkap Perbedaan Kultur dengan Belanda
PSSI
Thom Haye saat sesi latihan sebelum laga debut dengan Timnas Indonesia melawan Vietnam di My Dinh Stadium, Selasa (26/3/2024). - Thom Haye mengaku sangat menikmati momen debut bersama Timnas Indonesia saat membantai Vietnam. 

TRIBUNNEWS.COM - Thom Haye mengaku sangat menikmati momen debut bersama Timnas Indonesia saat membantai Vietnam pekan lalu.

Thom Haye baru saja melakoni laga ke-200 di Eredivisi Belanda saat membela SC Heerenveen melawan RKC Waalwijk pada Minggu (31/3/2024) lalu.

Namun demikian, barangkali laga itu masih kalah indah dengan momen saat dirinya melakoni caps pertamanya, alias debut bersama Timnas Indonesia.

Gelandang 29 tahun itu tampil bersinar saat Indonesia membantai Vietnam 0-3. Thom bermain full time dan turut menyumbang satu assist dalam kemenangan itu.

Haye pun curhat kepada media Belanda -NOS, tentang perasaan yang ia alami saat bermain untuk Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

Dikatakannya, ada perbedaan yang sangat besar dalam kultur sepakbola antara Indonesia dengan Belanda tempatnya berkarir.

Hal yang paling mencolok yakni adanya antusiasme dari para suporter dalam mendukung. Ia sampai terkejut ketika banyak orang yang berkerumun di hotel tempat ia menginap.

BERITA TERKAIT

"Sepak bola dialami di sana dengan cara yang sangat emosional," kata Haye.

"Sangat berbeda dengan yang biasa kami lakukan di Eropa. Hotel kami di Jakarta sepanjang hari penuh dengan orang. Ada orang di semua lantai dan di lobi menunggu pemain lewat," kata Haye, dikutip dari NOS.

Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Thom Haye melakukan selebrasi setelah mencetak gol untuk timnya, SC Heerenven di Eredivisie.
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Thom Haye melakukan selebrasi setelah mencetak gol untuk timnya, SC Heerenven di Eredivisie. (Instagram @thomhaye)

Baca juga: Ejekan Doan Van Hau Dibayar Lunas, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Jay Idzes Bersinar

Haye mendapat berbagai hadiah dari para penggemar. Situasi itu sangat jarang dialaminya ketika di Belanda.

Meski di Negeri Kincir Angin ia juga cukup dikenali, tapi para penggemar tetap menjaga jarak dengan pemain.

"Kamu terus mendapat hadiah kecil. Foto, gantungan kunci, macam-macam kado kecil-kecil, nggak kebayang yang gila-gilaan," lanjut Haye.

"Agak gila. Kamu di sana semacam gelembung. Di sini aku juga dikenali, tapi tetap menjaga jarak. Itu dia sangat intens," kata Haye.

Meski begitu, Haye mengaku cukup senang. Ia merasa terkesan dengan sambutan itu dan akhirnya juga bisa bermain untuk Indonesia.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas