Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Ketimpangan Kualitas Pemain Vietnam dengan Timnas Indonesia di Mata Philippe Troussier

Level pemain Vietnam jauh berbeda dengan Timnas Indonesia, jika Vietnam punya 2 pemain, Indonesia punya 20 pemain yang setara kualitasnya.

Penulis: Muhammad Nursina Rasyidin
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Ketimpangan Kualitas Pemain Vietnam dengan Timnas Indonesia di Mata Philippe Troussier
pssi.org
Egy Maulana Vikri (kanan) merayakan gol bersama Witan Sulaeman (kanan), dan Pratama Arhan (tengah) setelah mencetak gol pada laga Timnas Indonesia vs Vietnam dalam lanjutan Putaran Kedua Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (21/3/2024) malam. 

TRIBUNNEWS.COM - Mantan pelatih timnas Vietnam, Philippe Troussier mengeluarkan pernyataan mengejutkan tentang kualitas anak asuhnya dengan pemain Timnas Indonesia.

Philippe Troussier menilai hanya ada 2 pemain timnas Vietnam yang saat ini memiliki level kualitas di atas rata-rata. 

Mereka adalah Hoang Duc (gelandang) dan Bui Hoang Viet Anh (bek).

Kondisi tersebut berbeda Timnas Indonesia yang memiliki 20 pemain yang memiliki kualitas, bahkan mungkin lebih baik dibandingkan dua pemain Vietnam di atas.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ajak Sandy Walsh, Marselino Ferdinand, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Janner, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On, makan malam bersama jelang laga melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong ajak Sandy Walsh, Marselino Ferdinand, Shayne Pattynama, Rafael Struick, Ivar Janner, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On, makan malam bersama jelang laga melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. (Instagram @shintaeyong7777)

Menurutnya, kehadiran pemain dengan kualitas seperti Hoang Duc dan Bui Hoang Viet Anh bisa membuat Vietnam berbicara lebih jauh saat mengikuti turnamen.

Entah itu Piala Asia atau bahkan Piala Dunia.

"Timnas Indonesia punya maksimal 20 pemain kelas atas," ucap Troussier kepada VTV Cab dilansir dari Soha Vn.

BERITA TERKAIT

"Kalau kita punya 20 Hoang Duc atau 20 Viet Anh, timnas Vietnam pasti bisa ikut Piala Dunia," jelasnya.

Baca juga: Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong Dipuji Media Korea Setinggi Langit, Jadi Tim Terbaik di ASEAN!

Menurut media tersebut, ucapan Troussier seperti terobsesi terhadap Timnas Indonesia yang berulang kali gagal ia taklukkan.

Berawal dari Piala Asia 2004 lalu saat menukangi Qatar, lalu SEA Games 2023.

Yang terbaru di Piala Asia 2024, dan kualifikasi Piala Dunia 2026.

Shin Tae-yong menjadi pelatih pertama bagi Timnas Indonesia yang berhasil mengalahkan Vietnam 3 kali secara berturut-turut.

Di Piala Asia dengan skor 1-0, lalu kemenangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno dengan skor identik, dan kemenangan telak di My Dinh, Vietnam dengan skor 0-3.

Sementara Philippe Troussier belum berhasil mengalahkan Timnas Indonesia dan selalu berujung pemecatan bagi dirinya, baik di Qatar dan Vietnam.

Ia juga menyinggung kiprah Timnas Indonesia yang luar biasa berkat kebijakan naturalisasi pemain (keturunan) yang gencar dilakukan dalam lima tahun terakhir di era kepelatihan Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia yang saat ini diperkuat pemain keturunannya tidak bisa dianggap remeh.

Bukti sentuhan dingin dari Shin Tae-yong dengan skuad yang ia bangun mampu mengangkat ranking FIFA Timnas Indonesia ke urutan 134 menyalip Malaysia dan Filipina.

(Tribunnews.com/Sina)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas