Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Jepang U23 vs Uzbekistan U23, Samurai Biru Siap Balas Dendam, Live RCTI Jumat 3 Mei Pukul 22.30 WIB

PELATIH Jepang, Go Oiwa menolak untuk berpuas diri setelah membawa pasukannya ke final Piala Asia U23 untuk menantang Uzbekistan di Stadion Jassim.

Penulis: Deny Budiman
Editor: Muhammad Barir
zoom-in Jepang U23 vs Uzbekistan U23, Samurai Biru Siap Balas Dendam, Live RCTI Jumat 3 Mei Pukul 22.30 WIB
AFP/KARIM JAAFAR
Penyerang Jepang Mao Hosoya merayakan gol pembuka pada pertandingan semifinal Piala Asia U23 AFC Qatar 2024 antara Jepang dan Irak di Stadion Jassim Bin Hamad di Doha pada 29 April 2024. ( KARIM JAAFAR / AFP) 

Samurai Biru Siap Balas Dendam, Live RCTI Jumat 3 Mei Pukul 22.30 WIB

TRIBUNNEWS.COM- PELATIH Jepang, Go Oiwa menolak untuk berpuas diri setelah membawa pasukannya ke final Piala Asia U23 untuk menantang Uzbekistan di Stadion Jassim bin Hamd di Doha, Qatar, Jumat (3/5) malam nanti.

Tim Samurai Biru ini melenggang ke dua besar setelah mengalahkan Irak 2-0, lewat gol-gol di babak pertama dari Mao Hosoya, dan Ryotaro Araki.

Sementara Uzbekistan ke final setelah mengalahkan Indonesia juga dengan skor 2-0. Gol Khusain Norchaev, dan gol bunuh diri Pratama Arhan membawa tim berjuluk Serigala Putih ini ke babak final untuk ketiganya kalinya dalam empat edisi terakhir.

“Saya bangga dengan para pemain saya, mereka telah bermain dengan sangat baik namun pikiran saya sudah beralih ke final dan kami akan mulai mempersiapkan diri untuk itu,” kata Oiwa dikutip dari situs AFC.

“Di babak pertama tim kami tampil bagus, tapi sayangnya di babak kedua kami perlu memperbaiki posisi pemain, jadi mudah-mudahan nanti kami bisa melakukannya dengan lebih baik,” tuturnya merujuk laga kontra Irak.

Timnas Uzbekistan berpose sebelum dimulainya pertandingan sepak bola di Piala Asia AFC Qatar 2024 di Stadion Al-Bayt di al-Khor, utara Doha, 3 Februari 2024. (KARIM JAAFAR / AFP)
Timnas Uzbekistan berpose sebelum dimulainya pertandingan sepak bola di Piala Asia AFC Qatar 2024 di Stadion Al-Bayt di al-Khor, utara Doha, 3 Februari 2024. (KARIM JAAFAR / AFP) (AFP/KARIM JAAFAR)

“Di pertahanan kami melakukan pekerjaan yang cukup baik, terutama penjaga gawang dan bek tengah, mereka melakukan tugasnya dengan baik,” kata mantan pelatih Kashima Antlers itu.

BERITA REKOMENDASI

“Di sisi lain, dengan posisi bola kami, saya pikir kami memiliki lebih sedikit pilihan untuk menguasai bola. Kami sedikit defensif. Di babak pertama saya berbicara dengan para pemain untuk mencoba memperbaiki masalah ini dan di pertandingan berikutnya kami perlu memperbaikinya,” ujar.

Final ini akan jadi kesempatan bagi Jepang untuk membalas dendam. Sebelumnya, tim Jepang U23 selalu kalah dalam tiga kali pertemuan kontra Uzbekistan U23.

Di semifinal AFC U23 edisi 2022, tim Samurai Biru kalah 0-2. Demikian juga sebelumnya di edisi 2018, mereka dibantai 0-4. Setahun sebelumnya, di ajang M-150 Cup U23, Jepang juga kalah penalti dari musuh bebuyutannya tersebut.

Oiwa mengharapkan hasil yang berbeda di Stadion Jassim bin Hamad malam nanti. “Pemulihan akan menjadi penting karena kita hanya punya waktu tiga hari,” katanya.

“Secara taktik kami harus lebih banyak menekan bola ketika kami bergerak maju dalam serangan kami. Kami juga perlu menciptakan lebih banyak peluang di pertandingan berikutnya," ujar Oiwa.

“Saya pikir perbedaan antara sebelumnya dan kali ini adalah kami sangat fokus pada final dan kami juga bangga dengan hasil hari ini. Sayangnya dua tahun lalu kami kalah dari Uzbekistan sehingga kami perlu mempersiapkan diri dengan baik untuk pertandingan berikutnya,” katanya bertekad.

Sementara itu pelatih Uzbekistan, Timur Kapadze menyebut target mereka sedari awal adalah juara di Piala Asia U23. Dia tentunya senang pasukannya lolos ke Olimpiade Paris, bersama Jepang, dan satu tim lain yang akan ditentukan dari hasil perebutan tempat ketiga antara Indonesia kontra Irak.

"Saya mendedikasikan kemenangan ini untuk Presiden kami, rakyat kami, dan pendukung kami. Pertandingannya sangat sulit tapi sekarang kami harus mempersiapkan diri dengan baik karena masih ada satu pertandingan lagi," kata Kapadze.

“Kami telah mencapai target pertama kami, tetapi sekarang, kami harus mencapai target kedua, yaitu membawa pulang piala,” ujarnya. (Tribunnews/den)

Prediksi Susunan Pemain
Jepang 4-4-2
L. Kokubo; Sekine, Takai, Kimura, Ohata; Yamada, Matsuki, FUjita, Hirakawa; Araki, Hosoya

Uzbekistan 4-2-3-1
A Nematov; Abdirahmatov, Davronov, Khusanov, Rahmijonov; Rahmonaliyev, Boriyev; Erkinov, Fayzullaev, Khashimov; Odilov

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
7
4
2
1
16
8
8
14
5
Aston Villa
7
4
2
1
12
9
3
14
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas