Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Rincian Bayaran Wasit di Euro 2024 - Sekali Bertugas Terima Upah Puluhan hingga Ratusan Juta Rupiah

Rincian gaji wasit Euro 2024 mencapai ratusan juta rupiah dalam sekali bertugas memimpin pertandingan di fase knock-out.

Penulis: Drajat Sugiri
Editor: Dwi Setiawan
zoom-in Rincian Bayaran Wasit di Euro 2024 - Sekali Bertugas Terima Upah Puluhan hingga Ratusan Juta Rupiah
Alain JOCARD / AFP
Wasit Polandia Szymon Marciniak memeriksa di layar potensi penalti selama putaran pertama Liga Champions UEFA, hari ke-5, pertandingan sepak bola Grup F antara Paris Saint-Germain (PSG) dan Newcastle United pada 28 November 2023 di stadion Parc des Princes di Paris. Alain JOCARD / AFP 

TRIBUNNEWS.COM - Rincian gaji wasit selama bertugas di Euro 2024 Jerman. Bayaran wasit Euro 2024 terkecil di kisaran 40 jutaan Rupiah.

Upah yang diterima wasit Euro 2024 terbagi dalam dua kategori, yakni selama fase grup maupun fase knock-out.

Pun ada empat kategori wasit di Euro 2024, meliputi wasit pertandingan, asisten wasit, wasit cadangan dan wasit VAR. Nominal yang diterima masing-masing pengadil pertandingan dalam kategori tersebut jelas berbeda.




Dirangkum dari laman European Championship, wasit utama yang memimpin jalannya pertandingan selama fase grup, memperoleh bayaran menceapai €5.000 atau sekitar Rp87 juta.

Wasit asal Italia, Matteo Marcenaro (kiri) tidak memberikan penalti setelah VAR atas kemungkinan handball selama pertandingan sepak bola Serie A Italia antara AC Milan dan Empoli FC di Stadion San Siro di Milan pada 7 April 2023.
Wasit asal Italia, Matteo Marcenaro (kiri) tidak memberikan penalti setelah VAR atas kemungkinan handball selama pertandingan sepak bola Serie A Italia antara AC Milan dan Empoli FC di Stadion San Siro di Milan pada 7 April 2023. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Nominal tersebut bertambah ketika wasit memimpin pertandingan di babak knock-out. Seorang wasit memperoleh bayaran dua kali lipat, €10.000 (Rp175 juta).

Kemudian diurutan kedua soal besaran gaji ada wasit VAR. Di mana pada pertandingan fase penyisihan grup, wasit VAR memperoleh upah €3.000 atau mencapai 52 juta Rupiah.

Sedangkan ketika sudah berada di fase knock-out, wasit VAR mengalami kenaikan upah di angka €5.000 (Rp87 juta).

BERITA TERKAIT

Kemudian wasit asisten dan ofisial keempat wasit memiliki upah yang sama, yakni €2.500 (Rp43 juta) di penyisihan grup, dan €5.000 (Rp87 juta) ketika fase Knock-out.

Komite Wasit Persatuan Asosiasi- asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) telah mengumumkan 18 wasit, tim asisten wasit mereka, dan ofisial video pertandingan serta ofisial pendukung pertandingan, yang akan memimpin 51 pertandingan di Euro 2024 yang akan berlangsung di Jerman pada 14 Juni sampai 14 Juli.

Tim wasit pada setiap pertandingan akan terdiri dari seorang wasit, dua asisten wasit, seorang ofisial keempat, seorang asisten wasit cadangan di stadion, dan sebuah tim yang terdiri dari tiga ofisial video pertandingan. 

Ofisial pendukung pertandingan yang ditunjuk akan bertindak sebagai ofisial keempat pada pertandingan sesuai dengan daftar lengkap ofisial pertandingan yang tersedia di sini. 

Baca juga: Perbandingan Gaji Wasit Final Champions League dengan Liga 1, Bedanya 6 Kali Lipat!

Persiapan ofisial Euro 2024 meliputi kursus seluruh wasit, asisten wasit, dan ofisial video pertandingan dilangsungkan di Frankfurt, Jerman, pada pertengahan bulan Mei. 

Selama turnamen, wasit, asisten wasit, dan wasit pendukung akan bermarkas di Frankfurt

Ofisial video pertandingan akan berbasis di Leipzig dan selama pertandingan mereka akan beroperasi dari Pusat Siaran Internasional (International Broadcast Centre). 

Rincian Upah Wasit Euro 2024

Wasit

Rp87 Juta (Fase Grup)
Rp175 juta (Knock-out)

Asisten Wasit

Rp43 juta (Fase Grup)
Rp87 Juta (Knock-out)

Ofisial Keempat

Rp43 juta (Fase Grup)
Rp87 Juta (Knock-out)

Wasit VAR

Rp52 juta (Fase Grup)
Rp87 Juta (Knock-out)

(Tribunnews.com/Giri)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas