Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Tim LKG-SKF Indonesia Targetkan Prestasi di Gothia Cup Swedia

Di Swedia, tim Indonesia akan turun dalam kategori Boys U-15. Mereka tergabung dalam Grup 2 bersama Hisingsbacka FC (Swedia), Alviks IK (Swedia), dan

Penulis: Abdul Majid
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Tim LKG-SKF Indonesia Targetkan Prestasi di Gothia Cup Swedia
Tribunnews.com/Abdul Majid
Tim LKG-SKF Indonesia, yang merupakan hasil seleksi dan binaan Liga Kompas Kacang Garuda U-14 musim 2023-2024, diperkenalkan ke publik dan dilepas dalam acara Meet The World di Stadion PTIK Jakarta, Sabtu (6/7/2024).  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim LKG-SKF Indonesia, yang merupakan hasil seleksi dan binaan Liga Kompas Kacang Garuda U-14 musim 2023-2024, diperkenalkan ke publik dan dilepas dalam acara Meet The World di Stadion PTIK Jakarta, Sabtu (6/7/2024).

Tim yang berisikan 18 pemain terbaik itu bertekad meraih hasil terbaik di Piala Gothia pada 14-20 Juli 2024 di Gothenburg, Swedia.

"Kami berharap, tim ini dapat berjuang sekuat tenaga dan menampilkan kemampuan terbaik mereka di Piala Gothia. Meskipun bukan tim nasional, nama dan bendera Indonesia akan melekat pada mereka. Maka, sudah sepatutnya mereka menampilkan sisi terbaik hasil kompetisi dan latihan intensif selama ini,” ujar Direktur Liga Kompas U-14, Emilius Caesar Alexey.

Turut hadir dalam acara itu, antara lain National Territory Sales Head SKF Indonesia, Arie Marsetyo, dan anggota Exco PSSI, Vivin Cahyani.

Baca juga: Kesan Prabowo Lihat Jersey Timnas RI untuk Olimpiade Paris 2024 Karya Sang Anak

Ia menambahkan, pihaknya tidak mau memberikan beban target apapun kepada tim.

Namun, ia berharap tim bisa meraih hasil tertinggi.

BERITA REKOMENDASI

“Kami (LKG-SKF) pernah menjadi runner-up pada 2013 dan juara ketiga pada 2018, semoga tahun 2024 ini bisa menjadi juara,” harapnya.

Dalam acara Meet The World ini, tim LKG SKF Indonesia dijadwalkan bertanding melawan SSB Intan Soccer, tim runner-up Liga Kompas U-14 musim lalu.

Pertandingan uji coba itu bertujuan untuk mengukur kesiapan tim tersebut.

Total sudah sembilan laga uji coba yang diikuti tim LKG-SKF. Mereka juga sempat mengikuti pemusatan latihan di Sentul, Bogor. 

“Tim LKG-SKF sudah berlatih intensif selama tiga bulan lebih dan menjalani serangkaian laga uji coba dengan beberapa tim yang lebih senior dibandingkan mereka.  Tim pelatih juga mencoba berbagai formasi dan menguji pemain dalam banyak posisi berbeda agar siap untuk bermain dalam berbagai peran saat di Piala Gothia nanti,” ujar Caesar.

Baca juga: Daftar 4 Pelatih Asing Berstatus Debutan di Liga 1 2024/2025, Satu Nama Eks Tim Liga Spanyol

Sementara itu, Pelatih Tim LKG-SKF Indonesia Yani Muhammad Yamin mengungkapkan, kesiapan timnya menghadapi Piala Gothia sudah 99 persen.

“Mudah-mudahan menjadi 100 persen saat di Gothia nanti. Dengan kedalaman skuad yang merata, Insya Allah, tim ini bisa lolos fase grup dan memenuhi target membawa pulang Piala Gothia,” ujarnya.

Dari delapan laga uji coba yang telah dijalani, tim LKG-SKF meraih empat kali kemenangan, sekali imbang, dan tiga kali kalah. Seluruh tim yang dihadapi rata-rata usia pemainnya di atas tim LKG-SKF.

Untuk memupuk kepercayaan diri pemain menghadapi tim-tim dari berbagai negara, tim LKG-SKF juga mendapatkan bimbingan psikolog dari Ikatan Psikologi Indonesia (IPO).

Di Swedia, tim Indonesia akan turun dalam kategori Boys U-15. Mereka tergabung dalam Grup 2 bersama Hisingsbacka FC (Swedia), Alviks IK (Swedia), dan Flkir (Norwegia). Piala Gothia adalah turnamen yang disebut

“Piala Dunia Anak-anak dan Remaja”. Sejumlah pesepak bola dunia yang pernah tampil di ajang itu, antara lain, Andrea Pirlo, Xabi Alonso, Alan Shearer, Zlatan Ibrahimovic, dan Egy Maulana Vikri. 

Tim LKG-SKF Indonesia dijadwalkan bertolak ke Swedia pada Jumat (12/7/2024) mendatang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
6
5
0
1
12
2
10
15
2
Man. City
6
4
2
0
14
6
8
14
3
Arsenal
6
4
2
0
12
5
7
14
4
Chelsea
6
4
1
1
15
7
8
13
5
Aston Villa
6
4
1
1
12
9
3
13
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas