Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Jadwal Sidang Pelanggaran FFP Manchester City, Rawan Ganggu Start The Citizens di Liga Inggris

Sidang pelanggaran 115 aturan financial fair play (FFP) yang dilakukan Manchester City akan mulai disidangkan bulan depan.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Jadwal Sidang Pelanggaran FFP Manchester City, Rawan Ganggu Start The Citizens di Liga Inggris
AFP/OLI SCARFF
Gelandang Manchester City asal Brazil Fernandinho mengangkat trofi Liga Utama Inggris saat para pemain City merayakannya di lapangan setelah pertandingan sepak bola Liga Utama Inggris antara Manchester City dan Aston Villa di Stadion Etihad di Manchester, barat laut Inggris, pada 22 Mei 2022. - Manchester City memenangkan Liga Premier untuk keempat kalinya dalam lima musim setelah perburuan gelar yang mendebarkan mencapai kesimpulan dramatis ketika sang juara melakukan comeback luar biasa dari ketinggalan dua gol untuk mengalahkan Aston Villa 3-2 pada hari Minggu. (Photo by Oli SCARFF / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Sidang pelanggaran 115 aturan financial fair play (FFP) yang dilakukan Manchester City akan mulai disidangkan bulan depan.

Sedikit mengingat kembali, Man City didakwa melakukan 115 pelanggaran aturan FFP pada Februari 2023 lalu.

City dituduh melakukan ketidakwajaran finansial selama sembilan tahun sejak 2009. Klub milik Syekh Mansour itu dituding gagal memberikan informasi keuangan yang akurat dan gagal memberikan rincian akurat untuk pembayaran pemain dan manajer.




Investigasi dipicu oleh penerbitan dokumen Football Leaks oleh Der Spiegel pada tahun 2018 dan tuduhan City menyalurkan uang dari pemilik klub melalui sponsor di Uni Emirat Arab.

City pun lantas menolak berkomentar, mereka menyangkal melakukan kesalahan dan membela kasus mereka melalui penyelidikan independen.

Menurut laporan The Times, komisi independen diperkirakan akan mulai dibentuk pada bulan November, namun 'sumber yang mengetahui kasus ini' mengatakan, komisi tersebut sekarang akan dimulai pada bulan September.

Sidang ini akan berlangsung selama sepuluh minggu, dan anggota komisi diperkirakan akan menyampaikan putusannya pada awal tahun 2025.

Baca juga: Alasan Chelsea dan Manchester City Bisa Terdegradasi Musim Depan, Kasus FFP Memakan Korban

BERITA TERKAIT

Berdasarkan laporan tersebut, ada keyakinan klub telah mencapai beberapa keberhasilan dalam sidang arbitrase.

Adapun dalam kasus ini, ada beberapa potensi hukuman yang siap mengancam klub Manchester itu. Hukuman terberat jika terbukti bersalah adalah degradasi. Pengurangan poin dan denda juga bisa menjadi potensi hukuman.

Sementara itu, City dalam urusan lapangan saat ini sedang mempersiapakan laga pertama di Liga Inggris.

Adanya sidang kasus FFP ini bisa jadi akan mengganggu kestabilan performa Man City.

Mereka akan bermain melawan Chelsea akhir pekan ini untuk bersiap mengejar gelar Liga Premier kelima berturut-turut yang memperpanjang rekor.

Manchester City membuka tirai kompetisi Liga Inggris dengan mengamankan gelar Community Shield berkat kemenangan atas Manchester United, Sabtu (10/8/2024) di Wembley.

Sebelum itu, penampilan Man City sebenarnya tidak cukup baik selama pramusim.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas