Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Optimisme Shin Tae-yong setelah Curi Satu Poin dari Arab Saudi, Timnas Indonesia Jadi Kuda Hitam

Tahan imbang Arab Saudi, Pelatih Shin Tae-yong yakin Timnas Indonesia bisa menjadi kuda hitam di grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Penulis: Arif Tio Buqi Abdulah
Editor: Muhammad Nursina Rasyidin
zoom-in Optimisme Shin Tae-yong setelah Curi Satu Poin dari Arab Saudi, Timnas Indonesia Jadi Kuda Hitam
/PSSI
Shin Tae-yong Pelatih Timnas Indonesia saat memberikan arahan saat Timnas Indonesia melawan Timnas Yordania pada laga terakhir fase grup Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Nasser bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024). (Dok.PSSI) 

TRIBUNNEWS.COM - Keberhasilan Timnas Indonesia mencuri satu poin dari Arab Saudi membuat Shin Tae-yong yakin skuad Garuda bakal menjadi kuda hitam di grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Timnas Indonesia sukses menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 di King Abdullah Sports City, Jumat (6/9/2024).Hasil ini menimbulkan optimisme tinggi bagi Shin Tae-yong.

Di laga ini, Indonesia sempat unggul lebih dulu setelah mencuri gol lewat tembakan Ragnar Oratmangoen di menit 19'.




Sayang menjelang babak pertama selesai, tepatnya di menit 45+3', skuad Garuda sedikit lengah dan harus kebobolan lewat gol Musab Fahz Aljuwary.

Bola tendangannya membentur Calvink Verdonk dan akhirnya menjadi gol penyama kedudukan bagi Arab Saudi.

Arab Saudi sebenarnya cukup dominan dengan penguasaan bola mencapai 64 persen. Namun pertahanan rapat yang dipimpin Jay Idzes membuat tim asuhan Roberto Mancini itu kesulitan menciptakan gol.

Dari 18 kali percobaan tembakan, hanya empat tembakan dari Arab Saudi yang tepat sasaran ke Maarten Paes.

Baca juga: Keuntungan Timnas Indonesia setelah Tahan Imbang Arab Saudi, Australia Mangsa Selanjutnya

BERITA TERKAIT

Sang kiper yang menjalani debut itu pun juga tampil tak kalah heroik. Rival Lionel Messi di MLS ini berhasil menggagalkan penalti Arab Saudi yang dieksekusi sang kapten, Salem Aldwasari.

Pelatih Shin Tae-yong mengaku cukup bangga dan puas atas hasil yang didapatkan Timnas Indonesia ini.

"Itu adalah pertandingan yang sangat sulit. Cuaca panas mempengaruhi kedua belah pihak, dan level antara kedua tim sangat tinggi.

"Kami menampilkan penampilan yang luar biasa, dan saya bangga dengan level para pemain," kata Shin Tae-yong setelah pertandingan, dikutip dari Arriyadiyah.

Menurutnya, hasil ini bisa menjadi awal yang baik dan Timnas Indonesia bisa menjadi kuda hitam di grup C putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ini.

"Saya sangat percaya diri dengan tim saya dan para pemain dan saya akan terus mendorong mereka untuk mencapai level tertinggi. Kami akan menjadi kuda hitam di grup ini," ucap Shin Tae-yong.

Untuk diketahui, julukan kuda hitam disematkan untuk tim yang tidak dianggap sebagai favorit untuk menang, namun mampu membuat kejutan.

Baca juga: Ditahan Imbang Indonesia, Mancini Ungkap Masalah Besar yang Ada di Timnas Arab Saudi

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas