Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bakal Diambil Sumpahnya Jadi WNI Senin Pekan Depan di Belanda

Menkumham Supratman Andi Agtas memastikan pengambilan sumpah terhadap Mees Hilgers dan Eliano Reijnders untuk jadi WNI akan dilakukan di Belanda

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Bakal Diambil Sumpahnya Jadi WNI Senin Pekan Depan di Belanda
Kolase
Mees Hilgers dan Eliano Reijnders akan bergabung dengan Timnas Indonesia setelah mengucapkan sumpah WNI di Belanda pada Senin (24/9/2024). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Hukum dan HAM RI (Menkumham) Supratman Andi Agtas memastikan pengambilan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) oleh dua calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia akan dilakukan di Kedutaan Besar RI untuk Belanda.

Adapun pengucapan sumpah itu akan dilakukan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders yang akan menjadi pemain Timnas Indonesia.

Supratman membeberkan alasan pengambilan sumpah itu dilakukan di Belanda.

Kata dia, sejatinya pemerintah melalui Kemenkumham RI mengejar waktu agar kedua pemain itu bisa berlaga dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Bahrain dan China.

"Nah terkait dengan dua pemain yang terakhir kenapa saya statement kemarin bahwa itu akan dilakukan sumpah karena kita mengejar target untuk pertandingan ketiga yang akan datang, yang akan berlangsung di Bahrain maupun yang berlangsung di China," kata Supratman kepada awak media di Kantor Kemenkumham RI, Rabu (18/9/2024).

Baca juga: Sekjen PSSI Ungkap Alasan Proses Naturalisasi Eliano Reijnders dan Mees Hilgers Dipercepat

Kata dia, sejauh ini kedua pemain tersebut belum mendapatkan izin dari masing-masing klub untuk meninggalkan Belanda.

BERITA TERKAIT

Diketahui, Mees Hilgers merupakan pemain klub FC Twente sementara Eliano Reijnders merupakan punggawa PEC Zwolle di Liga Eredivisie Belanda.

"Karena kalau kita menunggu mereka datang ke sini, hari ini keduanya tidak diizinkan klub sementara untuk meninggalkan klubnya masing-masing," kata dia.

"Karena itu kita proaktif pengambilan sumpahnya akan diadakan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Belanda," sambung Supratman.

Baca juga: 3 Tahapan bagi Mees Hilgers & Eliano Reijnders untuk Perkuat Timnas Indonesia

Terkait dengan waktu pelaksanaan dari pengucapan sumpah tersebut, Supratman memastikan akan dilakukan pada Senin (24/9/2024).

Nantinya, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham RI akan melakukan perjalanan ke negara Kincir Angin tersebut.

"Mungkin hari minggu, nanti Dirjen AHU akan berangkat ke sana, mudah mudahan hari Senin sudah bisa proses (sumpah)nya," kata dia.

"Kemudian setelah itu seluruh persyaratan administrasinya setelah Keppres itu keluar pengambilan sumpah selesai maka PSSI sebagai user itu boleh mendaftarkan yang bersangkutan menjadi Timnas untuk melawan Bahrain dan China Oktober mendatang," kata Supratman.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas