Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Dahsyatnya Netizen Saat Timnas Indonesia 'Dizalimi': Dendam Erick hingga Ucapan 'Kita Dirampok'

suporter Timnas Indonesia sekali lagi membuktikan kedahsyatannya saat Timnas Indonesia 'dizalimi'. Ini aksi sakti netizen King Indo

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Dahsyatnya Netizen Saat Timnas Indonesia 'Dizalimi': Dendam Erick hingga Ucapan 'Kita Dirampok'
HandOut/IST
Respon Pelatih Shin Tae-yong hingga pemain Timnas Indonesia di bench terhadap keputusan Wasit asal Oman, Ahmed AL Kaf di laga melawan Bahrain, Kamis (10/10/2024). Kepemimpinan wasit memicu kemarahan warganet yang melampiaskannya ke berbagai platform media sosial. 

Dahsyatnya Netizen Saat Timnas Indonesia 'Dizalimi': Akun Wasit Lenyap, AFC Diserbu 10 Ribu dalam Semenit

TRIBUNNEWS.COM - Warganet, khususnya suporter Timnas Indonesia sekali lagi membuktikan kedahsyatannya saat Timnas Indonesia 'dizalimi' pada pertandingan melawan Bahrain pada babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain Riffa, Kamis (10/10/2024) malam. 

Pada laga itu, wasit asal Oman, Ahmed Abu Bakar Al Kaf disebut membuat sejumlah kontroversi saat kemenangan di depan mata Tim Nasional (Timnas) Indonesia atas Bahrain buyar. 

Garuda Indonesia mesti puas dengan skor imbang 2-2 hingga laga berakhir.

Hasil ini membuat tim asuhan Shin Tae-yong bertengger di posisi kelima klasmen sementara grup C.

Baca juga: Timnas Indonesia Tak Jadi Menang, Bahrain Bikin Gol di Menit ke-99 dari Extra Time 6 Menit, Skor 2-2

Seusai laga, geger dunia maya pun terjadi.

Warganet Indonesia beraksi dalam berbagai platform media untuk menyuarakan kemarahan mereka.

BERITA REKOMENDASI

Aktivitas itu terpantau secara detail lewat riset menggunakan alat kerja data analytics yang dilakukan PT Binokular Media Utama (Binokular).

Riset berfokus pada monitoring pemberitaan-pemberitaan media massa (pers) dan percakapan di media sosial tentang sorotan dan distribusi argumen juga percakapan publik tentang duel dramatis perwakilan Asia Tenggara dan Asia Barat tersebut.

Tampang wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf yang pimpin laga Timnas Indonesia vs Bahrain pada lanjutan matchday ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ronde 3 pada Kamis (10/10).
Tampang wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf yang pimpin laga Timnas Indonesia vs Bahrain pada lanjutan matchday ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ronde 3 pada Kamis (10/10). (Instagram @ahmedalkaf)

Keputusan Kontroversial Wasit

Berdasarkan Monitoring Media Massa dan Media Sosial yang dilakukan oleh media monitoring Binokular, dari tanggal 10 hingga 11 Oktober 2024, pemberitaan terkait laga tandang Timnas Indonesia melawan Timnas Bahrain mencapai puncaknya pada 10 Oktober 2024 pukul 08.00-11.59 pada saat pertandingan berlangsung.

Beragam aspek yang disorot mulai dari persiapan menjelang laga, rekor tak terkalahkan Timnas, hingga kritikan terhadap kepemimpinan wasit.

“Mayoritas pemberitaan disorot secara positif yang membahas persiapan menjelang pertandingan dan prediksi skor kedua tim. Sementara sentimen negatif sebesar 26 persen membahas hal-hal yang berkaitan dengan putusan kontroversial wasit utama asal Oman, Ahmed Al Kaf,” kata Manajer News Data Analytics Binokular, Nicko Mardiansyah, Jumat (11/10/2024).

Selain putusan wasit, media juga menyoroti acara nonton bareng (nobar) yang digelar di berbagai daerah, serta sanksi yang diberikan oleh Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) kepada Timnas Bahrain buntut teror laser pada laga Bahrain kontra Jepang.

Tidak ketinggalan, pemberitaan tentang hilangnya akun Instagram Wasit Ahmed juga ikut disorot.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
7
4
2
1
16
8
8
14
5
Aston Villa
7
4
2
1
12
9
3
14
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas