Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Superskor

Menpora Ungkap Hal Positif Timnas Indonesia Meski Dapat Ketidakadilan dari Wasit Ahmed Al Kaf

Menpora Dito menjelaskan bahwa PSSI sudah mengajukan keberatan resmi kepada AFC terkait keputusan wasit bahkan mau lapor FIFA

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in Menpora Ungkap Hal Positif Timnas Indonesia Meski Dapat Ketidakadilan dari Wasit Ahmed Al Kaf
Instagram @ahmedalkaf
Tampang wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf yang pimpin laga Timnas Indonesia vs Bahrain pada lanjutan matchday ketiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia ronde 3 pada Kamis (10/10). 

Menpora Ungkap Hal Positif Timnas Indonesia Meski Terima Ketidakadilan dari Wasit Ahmed Al Kaf
  
Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo memberikan tanggapan terkait pertandingan antara Timnas Indonesia dan Bahrain dalam babak tiga Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. 

Pertandingan yang berlangsung di Stadion Nasional Bahrain,, Kamis (10/10/2024) malam berakhir imbang 2-2 diwarnai keputusan kontroversial dari wasit Ahmed Al Kaf.

Baca juga: Media Cina Ungkap Keanehan Jelang Laga Lawan Timnas Indonesia, Kok Tim Tamu Sampai Duluan?

Wasit asal Oman tersebut menjadi sorotan setelah tidak menghentikan pertandingan meskipun masa injury time telah berakhir. Situasi ini dimanfaatkan Bahrain yang akhirnya mencetak gol penyeimbang melalui Mohamed Marhoon di menit-menit terakhir.

Sebelumnya, Indonesia sempat unggul dengan gol dari Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick, setelah Bahrain lebih dulu memimpin lewat gol Mohamed Marhoon.

Menpora Dito menyampaikan bahwa meskipun keputusan wasit tidak adil, Timnas Indonesia tetap layak mendapat apresiasi atas performa mereka di lapangan.

"Tentu ini hasil yang positif, kita bisa mengimbangi Bahrain, meskipun harus menerima ketidakadilan dari wasit," ujar Menpora Dito di Auditorium Wisma Kemenpora, Jakarta, Jumat (11/10/2024).

Baca juga: Dahsyatnya Netizen Saat Timnas Indonesia Dizalimi: Dendam Erick hingga Ucapan Kita Dirampok

BERITA REKOMENDASI

Lebih lanjut, Menpora Dito menjelaskan bahwa PSSI sudah mengajukan keberatan resmi kepada AFC terkait keputusan wasit dan tidak menutup kemungkinan akan membawa masalah ini ke FIFA.

"Saat ini, kita sudah mengajukan keberatan ke AFC, dan mungkin juga akan ke FIFA. Kita lihat bagaimana proses selanjutnya. Namun yang pasti, kita sangat menghargai kerja keras Timnas yang berhasil meraih poin," tegasnya.

Selain itu, Menpora Dito menegaskan bahwa hasil ini justru menjadi motivasi positif untuk menghadapi pertandingan berikutnya.

"Pertandingan selanjutnya tidak akan terpengaruh oleh situasi ini, karena PSSI sudah melakukan persiapan yang matang. Hasil semalam sangat positif, karena kita bisa menahan tim kuat seperti Bahrain. Ini akan menjadi motivasi dan penyemangat bagi para atlet yang akan bertanding ke China," pungkasnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
1
Liverpool
7
6
0
1
13
2
11
18
2
Man. City
7
5
2
0
17
8
9
17
3
Arsenal
7
5
2
0
15
6
9
17
4
Chelsea
7
4
2
1
16
8
8
14
5
Aston Villa
7
4
2
1
12
9
3
14
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas