Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
No Thumbnail
Desktop Version

LAPAN Dukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui Bidang Penginderaan Jauh

penginderaan jauh bertugas mengumpulkan data dan meneliti wilayah dari jarak jauh menggunakan satelit.

LAPAN Dukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan melalui Bidang Penginderaan Jauh
ist
Seminar Nasional Penginderaan Jauh Ke-6 yang bertemakan "Peningkatan Pemanfaatan IPTEK Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)" di The Margo Hotel, Depok, Rabu (17/7/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) tengah mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, atau yang dikenal dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

Terkait hal itu, LAPAN melalui Kedeputian Bidang Penginderaan Jauh menyelenggarakan Seminar Nasional Penginderaan Jauh Ke-6 yang bertemakan "Peningkatan Pemanfaatan IPTEK Penginderaan Jauh untuk Mendukung Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals)" di The Margo Hotel, Depok, Rabu (17/7/2019).

Seminar penginderaan jarak jauh selalu diadakan setiap tahunnya dan sudah memasuki penyelenggaraan ke-6. Seminar kali ini menekankan pada pembangunan berkelanjutan yang dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

"Ada perbedaan dasar terkait dengan SDGs ini, yaitu mempunyai tema general, "No one left behind". Jadi tidak ada seorangpun yang tertinggal dari pembangunan berkelanjutan," kata Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin saat membuka Seminar Nasional Penginderaan Jauh (Sinas Inderaja) Ke-6 yang digelar LAPAN, Rabu (17/7/2019).

Tercantum dalam Pasal 126 Perka No.8 Tahun 2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja LAPAN, Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh bertugas melaksanakan penelitian, pengembangan dan perekayasaan serta penyelenggaraan keantariksaan dibidang pemanfaatan penginderaan jauh.

Singkatnya, penginderaan jauh bertugas mengumpulkan data dan meneliti wilayah dari jarak jauh menggunakan satelit.

Baca: Sambut HUT Ke-74 RI, Mari Ikut Festival Gapura Cinta Negeri Berhadiah Piala Presiden Bergilir

Sesuai dengan tugasnya, sebanyak 17 poin Tujuan Pembangunan Berkelanjutan dinilai dapat terwujud dengan dukungan teknologi penginderaan jauh.

"Penginderaan jauh, tadi sudah disampaikan juga oleh Staff Ahli Bapennas, itu mempunyai peran yang besar, mulai dari aspek pemetaan yang menjadi dasar nanti untuk kebijakan-kebijakan perencanaan, sampai dengan aspek pemanfaatannya untuk pemantauan sumber daya alam, lingkungan, sampai dengan kebencanaan," ujar Djamal.

Seminar Nasional Penginderaan Jauh (Sinas Inderaja) ke-6 dihadiri oleh 321 peserta yang berasal dari kalangan akademisi, praktisi, peneliti hingga mahasiswa.

Tak hanya peserta, dalam seminar ini sejumlah perwakilan lembaga dan kementerian turut hadir sebagai pembicara, seperti Staff Ahli BAPENNAS, Deputi Bidang Penginderaan Jauh LAPAN, hingga perwakilan Universitas Padjajaran dan Institut Teknologi Bandung.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Add Friend
Editor: Sanusi
  Loading comments...

Baca Juga

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas