Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Big Data dan Teknologi Kecerdasan Buatan Bantu Rumah Sakit Tangani Pasien Covid-19

Rumah sakit akan sangat terbantu dengan teknologi generasi ke-4 seperti mahadata (big data) dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Big Data dan Teknologi Kecerdasan Buatan Bantu Rumah Sakit Tangani Pasien Covid-19
IST
Big data dan teknologi kecerdasan buatan membantu rumah sakit dalam penanganan pasien Covid-19 di masa pandemi ini. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 menunjukkan kepada kita pentingnya kesiapan ekosistem kesehatan dalam mengantisipasi krisis kesehatan dan dengan cepat memberikan solusi untuk menjaga kesehatan seluruh masyarakat di Indonesia.

Hal tersebut membutuhkan prasyarat-prasyarat, seperti pengolahan data klinis dan nonklinis yang andal dan peningkatkan peran teknologi sistem informasi kesehatan di rumah sakit.

Saat ini rumah sakit akan sangat terbantu dengan teknologi generasi ke-4 seperti mahadata (big data) dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI).

Digitalisasi dan otomatisasi sistem rumah sakit adalah jalan keluar mengatasi problem kesehatan di Tanah Air.

Berbagai studi menunjukkan, sistem digital dan otomatis meningkatkan efisiensi perawatan dengan mengurangi proses manual yang rentan kesalahan. Sistem informasi manual tidak dapat diandalkan untuk proses analisis di taraf pelayanan pasien individual dan epidemiologi yang sangat dibutuhkan dalam penanganan pandemi global.

Menyadari pentingnya digitalisasi dan otomatisasi sistem informasi kesehatan, pada 2018 pemerintah menginstruksikan semua rumah sakit di Indonesia menjadi "Rumah Sakit Pintar" dengan menerapkan Sistem Informasi Rumah Sakit (SIMRS).

Sayangnya, sampai dua tahun kemudian, hanya sekitar sepertiga dari 2.831 rumah sakit di Indonesia yang menerapkan SIMRS.

Baca: Indosat Hadirkan Solusi Smart City, Hybrid Cloud dan Big Data untuk Efisiensi Kinerja Pemerintah

Mengantisipasi hal tersebut, perusahaan teknologi kesehatan, PT Docotel Teknologi menciptakan produk SIMRS bernama “D'Health” yang dikembangkan sebagai SIMRS dengan mengikuti standar tertinggi pelayanan rumah sakit.

Namun demikian, teknologi ini tetap mudah diaplikasikan dan digunakan oleh tenaga kesehatan dan manajemen rumah sakit.

Baca: Ilmuwan Kembangkan Kecerdasan Buatan untuk Prediksi Tingkat Keparahan Pasien Covid-19

Aldy Rizaldy Nur MR, Executive Vice President Health Information System Division
PT Docotel Teknologi, menjelaskan, hanya dalam tempo dua tahun, D’Health telah beroperasi di beberapa rumah sakit di Indonesia, salah satunya di Mayapada Healthcare Group.

Halaman
123
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas