Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

20 Tahun Berbisnis, Ini Rahasia Sukses Epson Jadi Penguasa Pasar Printer di Indonesia

Epson memulai kiprahnya di Indonesia sejak 1 Oktober tahun 2000 dengan berkantor di Wisma Kyeoi Prince (Keiai) Sudirman.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in 20 Tahun Berbisnis, Ini Rahasia Sukses Epson Jadi Penguasa Pasar Printer di Indonesia
IST
Ilustrasi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Selama 20 tahun berbisnis di Indonesia PT Epson Indonesia kini praktis menjadi penguasa pasar di produk printer di sejumlah segmen.

Hal ini tak lepas dari strategi yang diterapkan perusahaan ini di Indonesia.

Riswin Li, Head of Marketing Epson Indonesia mengatakan, selama 20 tahun 20 tahun berkiprah di Indonesia, produk Epson diterima di pasar lokal dan menjadikan brand ini sebagai pemimpin pasar.




"Hampir semua produk Epson adalah market leader di masing-masing kategori, baik itu printer, projector dan robotika," ungkap Riswin, Jumat (18/12/2020).

Riswin menjelaskan, Epson menerapkan strategi jitu untuk memenangi kompetisi di market.

Baca juga: Epson Luncurkan Proyektor Terbaru Untuk Segmen Pendidikan, Kantor, dan Hiburan

"Strategi Epson adalah memenuhi kebutuhan pasar, kami mencoba mengerti apa kebutuhan pasar sesungguhnya di masing-masing segmen. Dari situ kami berusaha mengembangkan produk yang bisa menjadi solusi untuk konsumen," ujarnya.

Baca juga: Epson Rilis Printer LabelWorks Z5000 untuk Industri Multiguna 

"Didukung tim Research & development (R&D) yang kuat, Epson dapat mengembangakan teknologi sendiri untuk memenuhi kebutuhan konsumen," kata Riswin.

BERITA TERKAIT

Dia menyebut, kunci keberhasilan Epson adalah mengerti kebutuhan konsumen dan mencoba memenuhinya serta memberikan tambahan keuntungan dari fungsi produk tersebut.

Secara garis besar, Epson Global membagi Product Line-up dalam 4 kategori.

Pertama Inkjet Innovation (Printer), kedua Robotic Innovation, ketiga Visual Innovation (Projector), terakhir Wearable Innovation (Jam tangan, Kaca Mata Pintar). Secara bertahap, berbagai produk itu dibawa ke Indonesia.

Saat ini Epson Indonesia masih fokus pada kategori dengan basis produk seperti Printer Inkjet dan Compact priter dengan InkTank Printer, Business Printer, Label Printer dan POS Printer.

Berikutnya adalah Commercial and Industry (C&I) Printer/ Printer Large Format melalui Photographic, Corporate Signage atau papan iklan, Label dan Textile Printing. Selanjutnya pada Visual Product/Projector melalui Business Projector, Interactive Projector, Home Projector. Dan Robotic dengan Industrial Robot solution.

"Semua produk line-up adalah fokus kami, itulah kenapa kami memiliki line-up yang luas untuk masing-masing produk kategori untuk memenuhi kebutuhan masing-masing pasar," ujar Riswin

Epson memulai kiprahnya di Indonesia sejak 1 Oktober tahun 2000 dengan berkantor di Wisma Kyeoi Prince (Keiai) Sudirman.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas