Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Bagaimana Nasib Ovo Jika Mega Merger Gojek dan Tokopedia Jadi Terealisasi?

Jika keduanya merealisasikan untuk bersatu maka bisa melahirkan startup dengan valuasi hampir US$ 40 miliar atau setara dengan Rp 560 triliun

Bagaimana Nasib Ovo Jika Mega Merger Gojek dan Tokopedia Jadi Terealisasi?
ist
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rumor merger antara dua unicorn startup Gojek dan Tokopedia belakangan makin kencang terdengar.

Startup di bidang ride hailing dan e-commerce ini dikabarkan tinggal selangkah lagi akan menggabungkan bisnisnya berdasarkan laporan Bloomberg, Selasa (9/2/2021) lalu.

Jika merger keduanya menjadi kenyataan, lantas bagaimana dampaknya pada e-wallet yang menempel di Tokopedia tersebut yakni Ovo?

Meski kabar yang beredar masih sulit untuk dikonfirmasi, Gojek dan Tokopedia disebut tinggal menyelesaikan persyaratan merger dalam waktu dekat.

Diprediksi, jika keduanya merealisasikan untuk bersatu maka bisa melahirkan startup dengan valuasi hampir US$ 40 miliar atau setara dengan Rp 560 triliun dengan asumsi kurs Rp 14.000/US$.

Baca juga: Merger Gojek-Tokopedia Menguat, Ini Kata Analis

Bukan hanya valuasinya saja yang besar, lebih dari tiu ekosistem digital di Tanah Air juga akan semakin terbentuk dan menunjukkan kedigdayaannya. 

Baca juga: Merger Gojek-Tokopedia Segera Jadi Kenyataan, Valuasinya Capai Rp 500 Triliun

Hal yang menarik dari model bisnis keduanya akan melahirkan model bisnis yang saling melengkapi. Gojek sangat berpotensi menawarkan layanan plus yang dibutuhkan oleh Tokopedia sebagai platform e-commerce yaitu pengiriman serta logistik. 

Tentu saja hal ini membuat rekanan strategis Tokopedia, yaitu OVO akan semakin ketar ketir. Sebab, masuknya Gojek dalam merger ini otomatis akan membawa partner dompet digitalnya yakni GoPay.

Seperti diketahui, Tokopedia sendiri merupakan salah satu pemegang saham OVO untuk bergerak dalam penyimpanan saldo digital penggunanya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Choirul Arifin
  Loading comments...

Produk Populer

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas