Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Sistem Password Kerap Dibobol, Apple Berencana Ganti Sistem Login dengan Face dan Touch ID

Apple meluncurkan teknologi otentikasi baru berbasis iCloud Keychain untuk mengganti sistem login dengan password di Apple ID.

Sistem Password Kerap Dibobol, Apple Berencana Ganti Sistem Login dengan Face dan Touch ID
YouTube/ Apple
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM - Raksasa teknologi Apple baru ini mengumumkan sejumlah fitur dan teknologi terbarunya dalam ajang Apple World Wide Developers Conference 2021.

Salah satunya adalah fitur keamanan dalam menjaga password atau kata sandi.

Apple menilai sistem keamanan ini sudah kuno sehingga harus dihilangkan.

Baca juga: Google Matikan Aplikasi AR Measure karena Jarang Dipakai Pengguna iPhone

Hal ini lantaran data yang diamankan password dinilai lemah karena pengguna kerap menggunakan kata sandi yang lemah atau dapat bocor ketika peretas menerobos suatu sistem.

Untuk itu, perusahaan yang dirintis mendiang Steve Job ini berencana menghilangkan kata sandi sepenuhnya untuk digantikan dengan sistem keamanan kuat dan canggih.

Baca juga: Daftar iPhone yang Dapat iOS 15 dan iPadOS 15, dari iPhone 6S hingga iPhone 12 Series

Apple meluncurkan teknologi otentikasi baru berbasis iCloud Keychain untuk mengganti sistem login dengan password di Apple ID.

Cara kerjanya pun cukup unik. Fungsi ini bekerja ketika Anda membuat akun di situs web dan hanya perlu memilih nama pengguna seperti biasa.

Setelah itu perangkat akan mengarahkan untuk otentifikasi menggunakan Face ID atau Touch ID untuk memverifikasi bahwa itu adalah si pemegang akun.

Baca juga: Daftar Harga iPhone Terbaru Bulan Juni 2021: dari iPhone 11 hingga iPhone 12 Series

Selain itu kunci sandi akan dibuat dan disimpan di perangkat Apple untuk kemudian disinkronkan di seluruh perangkat lain yang terhubung ke Apple ID, tulis laporan di Ubergizmo, Sabtu (12/5/2021).

Apple menegaskan bahwa teknologi ini didasarkan pada teknologi WebAuthn yang sudah ada, sehingga tak ada alasan lagi bagi pengguna Apple untuk tidak familiar denga. fitur ini.

Engineer otentifikasi Apple, Garrett Davidson mengatakan metode login ini begitu simpel karena hanya membutuhkan satu ketukan untuk masuk ke perangkat Apple.

"Karena hanya satu ketukan untuk masuk, itu secara bersamaan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih aman daripada hampir semua bentuk otentifikasi umum saat ini," kata Garrett dalam Apple WWDC beberapa waktu lalu.

Penulis: Fandi Permana
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas