Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Begini Roadmap Pengembangan Teknologi 6G Oppo dan Prospek Masa Depan Komunikasi

Teknologi 6G diyakini akan mengubah cara teknologi kecerdasan buatan (AI) bekerja, belajar, berinteraksi, dan penerapannya sehari-hari.

Begini Roadmap Pengembangan Teknologi 6G Oppo dan Prospek Masa Depan Komunikasi
IST
Teknologi 6G akan merevolusi cara kerja kecerdasan buatan (AI), misalnya saat diaplikasikan pada dunia otomotif. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Baru saja operator telekomunikasi seluler di Tanah Air mulai mengimplementasikan teknologi seluler 5G, teknologi 6G sudah siap menyambut di depan mata.

Teknologi 6G diyakini akan mengubah cara teknologi kecerdasan buatan (AI) bekerja, belajar, berinteraksi, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga teknologi dan manfaatnya dapat diaplikasikan bagi masyarakat.

Sementara, teknologi AI akan bertindak sebagai dimensi baru dalam jaringan komunikasi masa depan, mengoptimalkan jaringan 6G, dan bekerja secara dinamis.

Pada 13 Juli 2021 lalu di Shenzhen, China, Oppo Research Institute resmi merilis 6G AI-Cube Intelligent Networking yang merupakan white paper rencana pengembangan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI.

Oppo selama ini dikenal sebagai salah satu pelopor teknologi yang percaya pada kemampuan AI terhadap pembangunan jaringan 6G dan white paper ini akan membahas visi yang lebih rinci mengenai rancangan jaringan komunikasi di masa depan.

Baca juga: Setelah Jadi Sponsor Wimbledon, Oppo Kini Jadi Ponsel Resmi Klub Serie A AC Milan

Saat ini, Oppo telah membentuk tim pra-penelitian untuk melakukan studi awal terkait layanan berbasis 6G dan persyaratannya, teknologi utama, dan fitur sistem.

Baca juga: Unggulkan Teknologi AI Video Potrait Ultra Canggih, Preorder OPPO Reno6 di Shopee

Chief Creative Officer Oppo Indonesia, Patrick Owen mengatakan, Oppo meyakini bahwa teknologi 6G akan mengubah cara orang berinteraksi dengan AI dan memanfaatkannya sebagai teknologi yang dapat digunakan oleh semua orang.

Baca juga: Hadir di Vietnam, Begini Tampilan Oppo Reno6 Z 5G yang Akan Dirilis 21 Juli

Dengan penerapan teknologi 6G, perangkat cerdas akan menggunakan AI untuk mengunduh dan menerapkan algoritma dalam menjalankan berbagai fungsi sehingga menghadirkan pengalaman baru yang lebih luas bagi para pengguna.

"Dalam waktu yang bersamaan, AI juga akan mengumpulkan data untuk pengembangan AI model yang berkelanjutan,” ungkapnya.

Contoh penerapan AI adalah dalam pengembangan kendaraan tanpa pengemudi.

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas