Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Techno
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Apakah Ponselmu Terserang Spyware Pegasus? Begini Cara Mengeceknya

tersiar kabar bahwa telah ada 50.000 lebih nomor ponsel yang menjadi target spyware Pegasus buatan perusahaan Israel, NSO Group Technologies.

Apakah Ponselmu Terserang Spyware Pegasus? Begini Cara Mengeceknya
Freepik
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ramai aksi pengintaian melalui perangkat keras dan perangkat lunak atau Spyware bernama Pegasus masih menjadi ancaman bagi banyak kalangan.

Serangan siber sistematis itu bahkan menargetkan tokoh dunia dalam beberapa pekan ini.

Bahkan, tersiar kabar bahwa telah ada 50.000 lebih nomor ponsel yang menjadi target spyware Pegasus buatan perusahaan Israel, NSO Group Technologies.

Baca juga: Saat Presiden Prancis Desak Israel Gegara Spyware, Bagaimana dan Apa Itu Serangan Siber Pegasus?

Alhasil, Amnesty Internasional, sebuah organisasi non-pemerintah internasional berkonsentrasi pada isu HAM, membeberkan beberapa cara untuk mendeteksi ponsel yang terkena spyware.

Sebuah fitur pun diyakini mampu mendeteksi ada tidaknya ancaman Pegasus di dalam ponsel melalui sebuah tool khusus, demikian laporan laman Technocrunch, Senin (26/7/2021).

Baca juga: Telepon Masuk Daftar Sadap Pegasus, Presiden Prancis Emmanuel Macron Ganti Telepon dan Nomornya

Fitur itu bernama Mobile Verification Toolkit atau MVT. Meski penggunaannya dibutuhkan keahlian khusus, terdapat beberapa catatan dari tools tersebut.

Pertama, cara tersebut bisa berjalan dengan baik sesuai perintah. Cara ini butuh keterampilan teknis dari pengguna untuk menjalankan MVT.

Tools itu hanya berfungsi untuk perangkat iOS buatan Apple. Hal ini lantaran Amnesty melaporkan alat tersebut berjalan secara terbatas pada Android. Meski penggunaannya terbatas, MVT diyakini menjadi perisai yang mampu mendeteksi serangan Pegasus tersebut.

Baca juga: India Dituduh Pakai Spyware Pegasus Israel ke Pengkritik Pemerintah

MVT sendiri merupakan alat modular yang menyederhanakan proses analisis data. Sederhananya, fitur MVT bisa dilakukan untuk identifikasi potensi jejak pengintaian atau peretasan namun untuk skala kecil seperti di ponsel.

Halaman
1234
Penulis: Fandi Permana
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas