Tribun Techno

Cerita Pedagang Tongseng dan Es Cendol, Usahanya Makin Berkembang Sejak Bergabung ke Ekosistem Ovo

Digitalisasi usaha UMKM di Indonesia oleh perusahaan fintech terbukti mampu memajukan usaha mereka, ditandai oleh kenaikan omset penjualan.

Penulis: Choirul Arifin
Cerita Pedagang Tongseng dan Es Cendol, Usahanya Makin Berkembang Sejak Bergabung ke Ekosistem Ovo
dok.
Ahmad Wantoso, pedagang es cendol Sari Suji di Jakarta, salah satu usahawan mikro mitra merchant Ovo. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia oleh perusahaan fintech terbukti mampu memajukan usaha mereka ditandai dengan kenaikan omset penjualan.

Hal ini dirasakan oleh sejumlah wirausahawan kuliner yang menjadi mitra merchant Ovo. Bisnis mereka lebih cepat berkembang berkat dukungan uang digital Ovo dalam layanan pemabayaran mereka ke pelanggan.

Seperti dituturkan Cak Heri, pedagang tongseng di kantin Beritasatu Plaza, Jakarta.

Dia mengaku sejak bergabung menjadi mitra merchant Ovo, membantu usahanya semakin berkembang. "Ovo itu buat saya menguntungkan sekali. Begitu masakan sampai, uang sudah saya terima duluan," ujarnya.

Dengan menjadi mitra merchant e-wallet ini dia juga tidak perlu repot lagi menyiapkan uang kembalian untuk pengunjung yang membeli tonseng buatannya.

Pedagang tongseng1
Cak Heri, pedagang tongseng di kantin Beritasatu Plaza, Jakarta, mitra merchant Ovo.

Hal serupa juga disampaikan Ahmad Wantoso, pedagang es cendol Sari Suji di Jakarta. Sejak bergabung menjadi merchant Ovo, omset usahanya melesat naik hingga 50 persen.

"Saya jadi bisa nabung untuk kebutuhan rumah tangga kedepannya," ujarnya.

Wantoso mengatakan, dengan menggunakan uang elekronik Ovo, dia juga bisa mempersingkat waktu dalam menyiapkan menu pesanan pelanggannya. "Saya nggak usah lagi nyiapin uang kembalian," ujarnya.

Baca juga: Cara Top Up Saldo OVO Melalui ATM Bank BRI, BCA, BNI, Mandiri, Danamon, Bank Mega, dan Bank Muamalat

Dia juga merasa terbantu karena selain sebagai aplikasi pembayaran elektronik yang cashless, Ovo juga membantu menyediakan pinjaman modal.

Selain menggunakan Ovo, Ahmad Wantoso juga mengaku menggunakan QRIS yang membuat pelanggannya bisa leluasa membayar menggunakan uang elektronik lain dengan cepat dan mudah.

Ahmad Wantoso1
Ahmad Wantoso, pedagang es cendol Sari Suji di Jakarta.
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas