Tribun Techno

TaniHub Group Incar Kenaikan 3 Kali Lipat Petani yang On Boarding di Ekosistem Digitalnya

Startup agritech dan e-grocery TaniHub Group mengincar pertumbuhan tiga kali lipat jumlah petani yang on boarding, bergabung di ekosistem digitalnya

Editor: Choirul Arifin
TaniHub Group Incar Kenaikan 3 Kali Lipat Petani yang On Boarding di Ekosistem Digitalnya
dok.
Aktivitas panen petani apel di Malang, mitra TaniHub. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Startup agritech dan e-grocery TaniHub Group mengincar pertumbuhan tiga kali lipat jumlah petani yang on boarding, bergabung di ekosistem digitalnya.

TaniHub saat ini memiliki sekitar 50.000 petani yang sudah on boarding sejak startup ini berdiri di 2016 lalu dan ditargetkan melonjak tiga kali lipat menjadi 200.000 petani di 2022 mendatang.

"Di 2022 kita akan terus menargetkan onboarding petani dan pada 2024 nanti satu juta petani (yang on boarding). Itu akan dicicil dari tahun 2022," ujar CEO TaniHub Group Pamitra Wineka dalam jumpa pers virtual merayakan 5 tahun pencapaian TaniHub di Indonesia.

Dia mengatakan, platform digitalnya saat ini sudah memiliki sekitar 1 juta pengguna.

Terkait dengan kemitraan dengan petani, dia menyatakan, pihaknya juga sudah menggelontorkan dana Rp 400 miliar lebih untuk membantu permodalan petani mitra, termasuk pemilik usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang disalurkan melalui TaniFund.

Saat ini TaniHub masih memfokuskan membangun kemitraan dengan petani di Pulau Jawa dan Bali dengan didukung dengan sejumlah hub.

Baca juga: TaniHub Raih Pendanaan Seri B Senilai Rp 942 Miliar

Seiring dengan target jumlah petani yang on boarding di platformnya, TaniHub akan memperluas jejaringnya dengan petani di luar Jawa dan Bali mulai 2022 mendatang.

"KIta ingin ke Sumatera dan Sulawesi juga. Harapan kita 2022 di mana pandemi kondisi semakin membaik, agar kita bisa lebih agresif berekspansi setelah tertunda karena pandemi," ujarnya.

Baca juga: TaniHub Group dan LPDB-KUMKM Perluas Akses Pasar Petani dan Panenan Lokal   

Sejak lima tahun lalu, TaniHub Group bercita-cita membangun ekosistem agrikultur end-to-end agar bisa menyejahterakan semua pihak yang terlibat.

CEO TaniHub Group Pamitra Wineka
CEO TaniHub Group Pamitra Wineka (dok.)

Untuk membangun ekosistemnya, TaniHub menyiapkan inovasi budidaya di ladang, fasilitas gudang, restoran hingga warung dan jalan kecil agar hasil panen petani dalam kondisi segar.

Baca juga: TaniHub Gandeng FastPOS untuk Antar Produk Pertanian ke Konsumen

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas