Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Siap Bersaing dengan Android dan iOS, India Bikin Sistem Operasi untuk Smartphone

Pemerintah India sedang mengembangkan "sistem operasi asli" untuk bersaing dengan Android buatan Google dan iOS dari Apple.

Penulis: Mikael Dafit Adi Prasetyo
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Siap Bersaing dengan Android dan iOS, India Bikin Sistem Operasi untuk Smartphone
Mashable
Pemerintah India sedang mengembangkan "sistem operasi asli" untuk bersaing dengan Android buatan Google dan iOS dari Apple. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Dafit Adi Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Pemerintah India menyatakan sedang melakukan penelitian untuk membuat sistem operasi yang nantinya akan bersaing dengan dua sistem operasi unggulan saat ini, yakni Android dan iOS

Rajeev Chandrasekhar, Menteri Persatuan Negara untuk Elektronika dan Teknologi Informasi India Senin lalu mengungkapkan, Pemerintah India sedang mengembangkan "sistem operasi asli" untuk bersaing dengan Android buatan Google dan iOS dari Apple.

Dikutip dari situs Mashable India, Jumat (28/1/2022), Menteri Komunikasi India mengatakan mereka sedang mengembangkan kemampuan startup dan institusi akademik yang siap untuk membuat OS buatan sendiri.

Baca juga: CARA Save atau Download Video TikTok Tanpa Watermark di iOS dan Android

Saat ini. ada beberapa perusahaan teknologi yang berhasil mengembangkan Sistem Operasi dalam satu dekade terakhir. Diantaranya, BlackBerry 10, Bada OS, Tizen, Windows Phone, dan WebOS. Namun semuanya sudah tidak bisa digunakan di smartphone.

Baca juga: Fitur Baru WhatsApp, Bisa Pindahkan Riwayat Obrolan dari Android ke iOS

Nantinya Sistem Operasi buatan India kemungkinan perlu menawarkan dukungan aplikasi berbasis Android dan kemampuan untuk berjalan lancar pada perangkat keras kelas bawah jika ingin menjadi daya tarik calon pengguna.

Tapi jika tidak bisa menggunakan GMS dikhawatirkan tidak akan bertahan lama layaknya pengembang sistem operasi yang saat ini tumbang.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas