Tribun Techno

Jangan Salah Pilih Ya, Kenali Dulu Jenis Garansi Sebelum Beli Smartphone

Padahal dengan adanya garansi, smartphone baru yang kamu beli tentu akan memiliki jaminan, jika secara tiba-tiba mengalami kerusakan

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Jangan Salah Pilih Ya, Kenali Dulu Jenis Garansi Sebelum Beli Smartphone
DIGITAL TRENDS
Ilustrasi smartphone. Sebelum membeli smartphone, ada baiknya kamu kenali dulu jenis-jenis garansi yang beredar di pasar agar bisa lebih selektif dalam memilihnya. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini masih banyak orang yang belum memahami pentingnya memastikan garansi saat membeli ponsel pintar (smartphone).

Karena mereka terkadang hanya fokus pada penawaran harga yang relatif murah saat membeli gadget.

Padahal dengan adanya garansi, smartphone baru yang kamu beli tentu akan memiliki jaminan, jika secara tiba-tiba mengalami kerusakan.

Baca juga: Samsung akan Hadirkan Fitur Konektivitas Satelit di Smartphone

Dikutip dari laman disruptive.Asia, Kamis (22/9/2022), Indonesia merupakan pasar yang besar bagi produsen ponsel termasuk smartphone, dengan 60 juta smartphone terjual setiap tahunnya.

Sementara itu pada 2019, Indonesia disebut kehilangan Rp 2 triliun atau setara 141 juta dolar Amerika Serikat (AS) dalam potensi pajak pertambahan nilai setiap tahun dari ponsel yang diimpor secara ilegal.

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun berusaha untuk melindungi hak konsumen dengan melakukan pengesahan Undang-undang (UU) pengontrolan IMEI pada perangkat telekomunikasi.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membeli smartphone bergaransi resmi.

Baca juga: Bocoran Android 14: Dapat Dukungan Konektivitas Antara Smartphone dengan Satelit

Mirisnya, masih banyak yang belum mengetahui secara detail 'apa itu garansi, begitu pula manfaatnya'.

Oleh karena itu, sebelum membeli smartphone, ada baiknya kamu kenali dulu jenis-jenis garansi yang beredar di pasar agar bisa lebih selektif dalam memilihnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas