Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Manfaatkan Kecanggihan ChatGPT, Siswa di China Pakai Chatbot AI untuk Garap PR

Siswa rela membeli nomor seluler asing secara online yang dijual ilegal seharga 5,5 yuan untuk nomor ponsel AS agar bisa memanfaatkan chatbot.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Manfaatkan Kecanggihan ChatGPT, Siswa di China Pakai Chatbot AI untuk Garap PR
Digital Trends
Teknologi ChatGPT belakangan dimanfaatkan para siswa di China untuk menggarap pekerjaan rumah yang diberikan sekolah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING – Kemampuan ChatGPT yang dapat membantu pengguna smartphone menjawab berbagai pertanyaan, belakangan dimanfaatkan para siswa di China untuk menggarap pekerjaan rumah yang diberikan sekolah.

Meski aplikasi ini telah diblokir oleh pemerintah karena ChatGPT dianggap sebagai alat propaganda yang dapat memperdaya warga China melalui disinformasi dan manipulasi narasi. Namun hal tersebut tak lantas membuat para siswa kehabisan akal

Menurut pengakuan siswa, mereka rela membeli nomor seluler asing secara online yang dijual ilegal seharga 5,5 yuan untuk nomor ponsel Amerika Serikat dan 1 yuan untuk nomor India agar mereka dapat lolos dari firewall.

Sementara bagi yang tidak dapat mengakali firewall mereka akan menggunakan bot VPN, agar dapat leluasa mengakses layanan ChatGPT, seperti yang dikutip dari Channel News Asia.

Dengan memanfaatkan kecanggihan ChatGPT para siswa mengaku mereka dapat memangkas paruh waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah.

Dengan begini, siswa dapat memaksimalkan waktu belajarnya di rumah.

BERITA REKOMENDASI

“Kami menghabiskan empat hingga lima jam setiap hari untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Ibuku akan begadang sampai aku menyelesaikan semua pekerjaan rumahku dan kami akan terus bertengkar. Namun sekarang, ChatGPT membantuku melakukan penelitian dengan cepat," ujar Esther Chen, pelajar di salah satu sekolah di kota Shenzhen.

Selain membantu mengerjakan pekerjaan rumah, para siswa di China mengaku memanfaatkan layanan chatbot AI untuk persiapan ujian bahasa Inggris.

Biasanya para murid belajar ribuan kata dengan hafalan bersama tutor, sebelum mengikuti ujian masuk perguruan tinggi ternama di Amerika Serikat, Inggris, atau Australia.

Namun kemunculan ChatGPT diklaim dapat membantu mereka belajar melakukan percakapan dengan chatbot.

Baca juga: Apple Blokir Semua Layanan Berbasis ChatGPT karena Alasan Keamanan

Lewat cara ini mereka tak perlu lagi menggelontorkan dana lebih dari 600 yuan per jam hanya untuk menyewa seorang tutor.

“ChatGPT selain mengurangi tekanan, juga menawarkan umpan balik instan pada esai saya, dan saya dapat mengirimkan versi yang berbeda," jelas Stella Zhang, 17 tahun.

Namun sayangnya kemunculan chatbot AI ini telah memicu perdebatan bagi para guru, lantaran layanan tersebut membuat para siswanya malas untuk berfikir saat diminta menyelesaikan tugas menulis esai, memecahkan soal sains dan matematika.

Baca juga: Mark Zuckerberg Siapkan Tim Khusus Garap ChatGPT untuk WhatsApp hingga Instagram

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas