Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Cerita Pengantin yang Tulis Sumpah Pernikahan dengan Bantuan ChatGPT

Seorang wanita merasa tertolong dengan adanya chatbot AI ChatGPT, karena membantunya menulis sumpah pernikahannya.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Cerita Pengantin yang Tulis Sumpah Pernikahan dengan Bantuan ChatGPT
Pixabay
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, NEW YORK - Seorang wanita merasa tertolong dengan adanya chatbot AI ChatGPT, karena membantunya menulis sumpah pernikahannya.

Ketika Elyse Nguyen menyadari tanggal pernikahannya semakin dekat, dan dia belum mulai menulis sumpah pernikahannya, seorang teman menyarankan Nguyen untuk mencoba ChatGPT.

ChatGPT, yang dirilis untuk umum pada akhir November tahun lalu, dapat menghasilkan respons tertulis yang menarik sesuai permintaan pengguna dan menawarkan janji untuk membantu orang mengatasi kebuntuan dalam menulis, baik untuk esai, email, atau pidato.

Baca juga: Alibaba Garap Pasar AI, Siapkan Tongyi Qianwen Jadi Pesaing ChatGPT

"Pada awalnya kami memasukkan perintah tersebut sebagai lelucon dan hasilnya cukup murahan dengan referensi pribadi tentang saya dan suami saya," kata Nguyen, yang dikutip dari CNN.

"Namun esensi dari apa yang seharusnya ada dalam janji nikah ada di sana - janji kami satu sama lain dan strukturnya," ungkap wanita yang bekerja sebagai analis keuangan di Qualcomm.

Dia melakukan penyuntingan, mengubah sumpahnya untuk menambahkan humor dan detail tentang minat pasangannya, serta memberikan beberapa sentuhan pribadi. Nguyen akhirnya menggunakan sebagian besar saran dari ChatGPT dan mengatakan bahwa suaminya setuju dengan saran tersebut.

BERITA TERKAIT

"Ini membantu mengurangi stres karena saya tidak memiliki pengalaman sebelumnya dengan janji pernikahan dan saya juga tidak tahu apa yang harus disertakan," jelas Nguyen yang mengadakan pernikahan pada Februari.

"Ditambah lagi, ChatGPT sangat jenius dengan aliterasi, analogi, dan metafora. Memiliki sesuatu seperti, 'Saya berjanji untuk menjadi pasangan hidupmu dengan antusiasme seperti seorang pegolf yang berhasil mencetak hole in one' di saku belakang saya adalah sesuatu yang lucu," imbuhnya.

Hampir lima bulan setelah ChatGPT menjadi viral dan memicu perlombaan senjata AI baru di Silicon Valley, semakin banyak pasangan yang meminta bantuan chatbot AI itu untuk perencanaan pernikahan, termasuk menulis janji dan pidato, membuat kontrak pernikahan secara agama, dan menyiapkan situs web untuk hari istimewa tersebut.

Baca juga: Saingan Baru ChatGPT, Perusahaan China SenseTime Pamer Chatbot AI SenseChat

Ellen Le baru-baru ini membuat beberapa situs web pernikahannya melalui alat Writer's Block Assistant baru pada layanan perencanaan pernikahan online Joy, yang merupakan salah satu platform pihak ketiga pertama yang menggabungkan teknologi ChatGPT.

Sebagai informasi, perusahaan di balik proyek ChatGPT, OpenAI, pada bulan lalu membuka akses ke chatbot tersebut, membuka jalan agar dapat diintegrasikan ke dalam berbagai aplikasi dan layanan.

Le, seorang manajer produk di sebuah perusahaan rintisan, mengatakan ia menggunakan fitur ini untuk menyusun halaman "About Us" dan menulis petunjuk arah dari San Francisco ke pernikahannya di Napa Valley.

Baca juga: Pemerintah Italia Blokir Akses ChatGPT Imbas Skandal Pelanggaran Privasi

Alat bantu Writer's Block Assistant membantu pengguna menulis sumpah, pidato pendamping pria dan pendamping wanita, kartu ucapan terima kasih, dan halaman situs web pernikahan "About Us".

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas