Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Peringatan Bos Google Tentang Perkembangan Teknologi AI

Google kini sedang mengejar ketertinggalan dalam menanamkan teknologi AI generatif ke produknya.

Penulis: Nur Febriana Trinugraheni
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Peringatan Bos Google Tentang Perkembangan Teknologi AI
Bloomberg
CEO Alphabet Inc. dan Google Sundar Pichai 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni

TRIBUNNEWS.COM, SAN FRANCISCO - CEO Alphabet Inc. dan Google Sundar Pichai mengatakan dorongan untuk mengadopsi kecerdasan buatan (AI) harus diatur dengan baik guna menghindari efek berbahaya.

Ketika ditanya dalam sebuah wawancara "60 Minutes" mengenai apa yang membuatnya terjaga di malam hari terkait perkembangan teknologi AI, Pichai mengatakan "urgensi untuk bekerja dan menerapkannya dengan cara yang bermanfaat, tetapi pada saat yang sama dapat menjadi sangat berbahaya jika digunakan dengan cara yang salah".

Dikutip dari Bloomberg, Google yang berbasis di Mountain View, California, menjadi salah satu yang terdepan dalam mengembangkan dan mengimplementasikan AI di seluruh layanannya.

Perangkat lunak seperti Google Lens dan Google Photos mengandalkan sistem pengenalan gambar milik perusahaan, sementara Google Assistant-nya mendapat manfaat dari penelitian pemrosesan bahasa alami yang telah dilakukan Google selama bertahun-tahun.

Namun, langkahnya dalam menerapkan teknologi ini sengaja diukur dan berhati-hati, sedangkan chatbot AI yang dikembangkan OpenAI, ChatGPT, telah memacu perusahaan teknologi lainnya untuk bergerak maju mengembangkan alat AI dengan cepat.

"Kami belum memiliki semua jawaban di sana, dan teknologinya bergerak dengan cepat. Jadi, apakah hal itu membuat saya terjaga di malam hari? Tentu saja," kata Pichai dalam wawancara yang disiarkan pada Minggu (16/4/2023).

BERITA REKOMENDASI

Google kini sedang mengejar ketertinggalan dalam menanamkan teknologi AI generatif ke produknya, perangkat lunak yang dapat membuat teks, gambar, musik, atau bahkan video berdasarkan permintaan pengguna.

ChatGPT dan produk OpenAI lainnya, Dall-E, menunjukkan potensi teknologi ini, dan banyak perusahaan dari Silicon Valley hingga pemimpin internet di China kini ikut terlibat dalam menghadirkan produk AI mereka sendiri.

Baca juga: Meta Rilis SAM, Teknologi AI Syang Bisa identifikasi Item di Video

Mantan CEO Google, Eric Schmidt, mendesak perusahaan-perusahaan teknologi global untuk bersatu dan mengembangkan standar serta "pagar pembatas" yang tepat, dan memperingatkan setiap perlambatan dalam pengembangan teknologi ini "hanya akan menguntungkan China".

Terlepas dari rasa urgensi dalam industri ini, Pichai memperingatkan agar perusahaan-perusahaan tidak hanyut dalam dinamika persaingan. Dan ia menemukan pelajaran dari pengalaman pendekatan OpenAI yang lebih langsung dan debut ChatGPT.

Baca juga: Teknologi AI Dinilai Bisa Gantikan 300 Juta Pekerjaan, Sektor Administrasi dan Hukum Paling Berisiko

"Salah satu poin yang mereka sampaikan adalah, Anda tidak ingin mengeluarkan teknologi seperti ini ketika teknologi tersebut sangat, sangat kuat karena tidak memberikan waktu bagi masyarakat untuk beradaptasi," ujar Pichai.

"Saya pikir itu adalah perspektif yang masuk akal. Saya pikir ada orang-orang yang bertanggung jawab di sana yang mencoba mencari cara untuk mendekati teknologi ini, begitu juga dengan kami," sambungnya.

Di antara risiko AI generatif yang disoroti Pichai adalah video deepfake, di mana seseorang dapat digambarkan mengucapkan pernyataan yang sebenarnya tidak mereka berikan. Jebakan seperti itu menggambarkan perlunya regulasi, kata Pichai.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas