Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Techno

Strategi LG Besarkan Bisnis WebOS: Diversifikasi, Perluas Keragaman Konten Hingga Akuisisi 

Bisnis WebOS tumbuh sejalan dengan visi LG Electronics menjadi perusahaan pengelola platform media dan entertainment di dunia.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Strategi LG Besarkan Bisnis WebOS: Diversifikasi, Perluas Keragaman Konten Hingga Akuisisi 
Tribunnews/Choirul Arifin
Frank Lee, Senior Manager of Marketing PR LG Home Entertainment Brand Communication, memaparkan beragam aplikasi webOS pada sejumlah perangkat televisi cerdas LG kepada media di kegiatan LG Global Media Tour 2024 di Incheon, Korea, Kamis, 26 September 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, SEOUL - WebOS menjadi bisnis yang berkembang cepat dalam portofolio bisnis LG Electronics di seluruh dunia.

Bisnis ini tumbuh sejalan dengan visi LG Electronics menjadi perusahaan pengelola platform media dan entertainment di dunia, selain bisnis-bisnis lain yang saat ini digeluti.

Matthew Durgin, Vice President of Content & Services, Team Leader North America Content & Services LG Electronics, di sela kegiatan WebOS Summit 2024 yang diselenggarakan LG Electronics di Incheon, pekan lalu mengatakan, jumlah install base webOS pada perangkat smart TV di 2024 ini telah mencapai 220 juta unit, naik tajam dari 10 juta unit di 2015.

Di 2023, install base WebOS pada perangkat smart TV masih mencapai 200 jutaan unit.

Matthew Durgin mengatakan, ke depan, bisnis ini akan terus berkembang. Hal ini seiring dengan strategi LG untuk terus mengembangkan konten, servis dan periklanan pada produk-produknya, termasuk pada produk LG OLED dan LG QNET TV yang memiliki diferensiasi dan daya saing kuat di pasar.

"Bisnis WebOS akan mendukung evolusi LG menjadi perusahaan media dan entertainment," ungkap Matthew. 

Untuk membesarkan bisnis ini, LG saat ini sudah bekerja sama dengan 4000 lebih penyedia konten dan 400 lebih webOS sales partnership. 

Membesarkan Bisnis WebOS Lewat Diversifikasi Model Bisnis

BERITA REKOMENDASI

Beberapa strategi yang dijalankan LG untuk menjadi media dan entertainment company antara lain melalui ekspansi skala bisnis, diversifikasi model bisnis, serta penguatan kapabilitas bisnis.

Strategi diversifikasi model bisnis webOS LG akan mencakup game, video on demand, hingga e-commerce.

Untuk game, LG antara lain akan menciptakan ekosistem game bekerja sama dengan kreator konten game. Untuk konten game dan televisi betrbayar, model kerjasama dengan pihak ketiga bisa berbeda-beda. 

Di segmen e-commerce, diversifikasi bisnis yang LG jalankan adalah dengan menyediakan pengalaman berbelanja di platform e-commerce yang terpersonalisasi yang mengkombinasikan ritel dengan data ACR. 

Yang menarik, konten-konten LG berbasis WebOS tersedia dalam bahasa lokal di seluruh dunia. 

Baca juga: Ground220, Strategi Unik LG Membangun Kedekatan dengan Generasi Z 

Pengguna LG Channels meningkat dari 20 juta users di 25 negara pada 2022, melonjak menjadi 48 juta users di 29 negara di 2023.

LG terus memperluas jangkauan layanan LG Channels ini ke berbagai belahan dunia seperti Asia Pasifik, Amerika Utara, Amerika Latin serta pasar Eropa.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas