Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Terpilih, 10 Jagoan Kuliner Indonesia di Festival Jajanan Bango di Jakarta

10 legenda kuliner dengan pemilih terbanyak telah dinobatkan sebagai 10 Jagoan Kuliner Nusantara, dan 7 di antaranya hadir di FJB Jakarta.

Penulis: Daniel Ngantung
Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Terpilih, 10 Jagoan Kuliner Indonesia di Festival Jajanan Bango di Jakarta
Bango
Pengunjung pesta kuliner di Festival Jajanan Bango di Jakarta. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Suasana Plaza Barat Senayan, Minggu (14/6) pagi, terasa sesak oleh ribuan orang.

Mereka berbondong-bondang datang untuk menyicipi kelezatan sekaligus merayakan keragaman kuliner Indonesia di dalam Festival Jajanan Bango (FJB) 2015.

Merupakan agenda tahunan Bango, FJB yang sudah memasuki tahun ke-10 kembali memanjakan lidah para pecinta kuliner lokal di Jakarta. Adapun FJB di Jakarta menjadi perhelatan pamungkas dari rangkaian FJB yang telah digelar sebelumnya di Yogyakarta dan Surabaya.

Di kedua kota tersebut, FJB 2015 berhasil memanjakan lidah 75 ribu pengunjung. Jumlahnya bertambah berkali lipat di Jakarta. Terhitung, 90.000 pengunjung menyambangi FJB ke-10 di Jakarta.

Animo pengunjung tersebut membuktikan, kuliner tradisional tetap mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia di tengah invasi kuliner mancanegara.

Diungkapkan Nuning Wahyuningsih, Senior Brand Manager Bango PT Unilever Indonesia Tbk., sudah menjadi misi Bango untuk menumbuhkan rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap kuliner Indonesia melalui perhelatan FJB.

BERITA TERKAIT

Berangkat dari misi tersebut, FJB kali ini mengusung tema "Persembahan Kuliner dari Barat ke Timur Nusantara" untuk mengangkat kembali kebanggaan masyarakat Indonesia akan kekayaan ragam kuliner Nusantara.

"Sesuatu identintas bangsa yang kalau kita abaikan bisa saja hilang," ujar Nuning.

Pada perhelatan yang diresmikan oleh Asiantoro, Kepala Bidang Sumber Daya Kebudayan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta ini, sebanyak 71 legenda kuliner Indonesia yang telah teruji kelezatan serta kesohorannya.

Terdapat tiga area jajanan yang dibedakan berdasarkan asalnya, yakni Area Indonesia Bagian Barat, Area Indonesia Bagian Tengah, dan Area Indonesia Bagian Timur. Para pecinta kuliner pun dimanjakan oleh pilihan kuliner Nusantara yang lebih variatif.

Dari puluhan kuliner pilihan, terdapat tiga legenda kuliner yang April lalu mengharumkan nama Indonesia di pentas kuliner dunia, ajang World Street Food Congress 2015 (WSFC 2015), di Singapura. Mereka adalah Gudeg Yu Nap, Kupat Tahu Gempol, dan Ayam Taliwang Bersaudara.

"Di pesta kuliner internasional yang diikuti 12 negara itu, para legenda kuliner Indonesia mendapatkan sambutan luar biasa, karenanya kami turut menghadirkan mereka dalam FJB tahun ini,” kata Nuning.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas