Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tapis, Kain Tenun Lampung Dengan Sulaman Emas, Inilah yang Membuat Harganya Jutaan Rupiah

Kain tenun khas Lampung itu berharga jutaan rupiah karena berlapis sulaman benang emas dengan tingkat kerumitan pembuatan yang butuh kesabaran.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Tapis, Kain Tenun Lampung Dengan Sulaman Emas, Inilah yang Membuat Harganya Jutaan Rupiah
Tribun Lampung/ Okta Kusuma Jatha
Koleksi kain tenun tapis di Ninda Art Shop, Jalan Jenderal Sudirman, Lampung (Tribun Lampung/ Okta Kusuma Jatha) 

Laporan Reporter Tribun Lampung, Heru Prasetyo

TRIBUNNEWS.COM, BANDAR LAMPUNG - Khasanah kain nusantara di Indonesia jelas amat kaya. Lampung pun boleh cukup berbangga karena memiliki tapis, sebuah kain tenun yang kemudian dipercantik dengan sulaman benang emas.

Sebuah produk budaya yang hanya dimiliki oleh Lampung.

Eksisnya tapis sebagai salah satu wastra milik Lampung, tidak boleh dilepaskan dari eksisnya budaya dan adat istiadat Lampung itu sendiri.

Memang benar, tapis di era modern kini dapat dijumpai dan dimiliki oleh masyarakat luas. Tersebarnya galeri dan toko oleh-oleh di Lampung yang sediakan tapis pun kian memasyarakatkan kain tersebut.


Harga kain tenun tapis Lampung bervariasi, tergantung ukuran, tingkat kesulitan pembuatan dan faktor usia. (Tribun Lampung/ Okta Kusuma Jatha)

Benar adanya jika kerajinan tapis pada zaman dulu lebih sebagai kebutuhan sosial sekelompok masyarakat pendukungnya untuk memenuhi kepentingan adat istiadat.

BERITA TERKAIT

Misalnya untuk keperluan pemberian gelar adat, penyambutan tamu penting, upacara perkawinan, upacara adat mengangkat saudara (muari), dan lain-lain

Misal saja salah satu tradisi yang bisa diambil contoh dan menghidupi tapis di masyarakat adalah tradisi sesan di acara pernikahan Lampung.

Tapis selalu menjadi bagian dari barang serah-serahan yang dibawa calon mempelai.

Dimana disitu memiliki makna, "Ini aku titipkan warisan ini padamu untuk kau jaga dan lestarikan". Secara tidak langsung, dari generasi ke generasi tapis telah mendarah daging melalui tradisi tadi.

Jika membandingkan tapis dengan wastra nusantara lain pun, kita akan memiliki kebanggan tersendiri. Dari segi motif, warna, desain dan filosofi, kain tapis memiliki ciri khas tiada duanya.


Perajin sedang menyulam kain tenun tapis di Sam Bordir, Jalan Imam Bonjol, Bandar Lampung (Tribun Lampung/ Okta Kusuma Jatha)

Itu yang kemudian membuat banyak desainer terinspirasi untuk mengadaptasi tapis kedalam rancangan busana mereka.

Tengok bagaimana motif tapis Lampung. Ragam flora dan fauna seperti gajah, tumbuh-tumbuhan menghiasi desain tapis. Ada pula kain tertentu yang mengangkat kehidupan rumah tangga seperti pada kain tapis cucuk andak.

Halaman
123
Sumber: Tribun Lampung
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas