Tribun

Wisata NTT

Batu Akik Khas NTT, Inilah 10 Varian yang Paling Banyak Diburu Kolektor

Begitu terkenalnya batu akik khas NTT, inilah 10 jenis dan varian batu mulia paling diburu wisatawan.

Editor: Agung Budi Santoso
Batu Akik Khas NTT, Inilah 10 Varian yang Paling Banyak Diburu Kolektor
Pos Kupang/ Muhlis Al Alawi
Batu akik khas NTT jenis Badar (Pos Kupang/ Muhlis Al Alawi) 

Laporan Wartawan Pos Kupang, Muhlis Al Alawi

TRIBUNNEWS.COM, KUPANG - Bervariannya jenis, motif dan corak batu akik asli NTT menjadi salah satu alasan para akik mania memburu batu mulia khas Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dari berbagai varian batu akik yang ditemukan di daratan pulau Timor-NTT, setidaknya ada sepuluh batu akik yang menjadi idola dan buruan para pelancong dan penggemar batu akik selama empat kali digelar pameran di Kota Kupang, Ibu Kota NTT.

Nah bila Anda pecinta batu akik asli NTT tidak salah mencoba berburu sepuluh batu akik yang menjadi idola dan buruan pelancong yakni Sisik Naga, Badar Timor, Sei Timor, Giok Timor, Panca Warna, Solar Timor, Lumut, Virus, Jahanam dan Loreng Timor.


Batu akik khas NTT jenis Virus Timor (Pos Kupang/ Muhlis Al Alawi)

Sepuluh batu akik tersebut memiliki beraneka macam varian bentuk, motif dan warna. Sepuluh batu akik itu banyak ditemukan di berbagai wilayah di pulau Timor NTT. Sekarang singgal sesuai selera dan kantong Anda untuk membelinya.

Pemilik Toko Gicok Game Stone Kupang, Rony Fernandes kepada Pos Kupang, Kamis (9/7/2015) di arena pameran batu akik Timor di Hypermart Kupang Jalan Bundaran PU Kupang menyebutkan dari beraneka macam batu akik yang ada di daratan pulau Timor paling banyak ditemukan jenis Sisik Naga.

Kesimpulan itu berdasarkan pengalamannya berburu batu akik di berbagai pelosok di wilayah pulau Timor dari Kota Kupang hingga perbatasan Kabupaten Belu dengan Timor Leste.

“Pengalaman saya berjualan batu akik di NTT dan Jakarta, batu akik jenis Sisik Naga paling banyak dicari orang. Selain harganya murah, varian, corak dan warna batu ini sangat banyak sekali.

Batu ini juga banyak ditemukan di berbagai wilayah daratan pulau Timor NTT. Dengan demikian setiap pelancong yang ingin mencari batu jenis ini tidaklah susah saat tiba di Kota Kupang,” ujar Rony.


Ramainya pasar batu akik di kota Kupang, NTT (Pos Kupang/ Muhlis Al Alawi)
Halaman
1234
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas