Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sensasi Berfoto di Dalam Air di Perairan Pulau Dedap yang Jernih

Rasakan sensasi berfoto di dalam air di perairan Pulau Dedap dekat Batam yang jernih.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Sensasi Berfoto di Dalam Air di Perairan Pulau Dedap yang Jernih
Foto-foto: Tribun Batam/ Eliza Gusmeri
Melalui Pelabuhan Hasyim ini wisatawan diantar ke Pulau Dedap yang indah buat snorkeling. 

Laporan Reporter Tribun Batam, Eliza Gusmeri

TRIBUNNEWS.COM - Masih pagi, pelabuhan Hasyim di kecamatan Galang tidak begitu ramai. Beberapa orang yang sepertinya berasal dari Batam tampak menunggu speedboat.

Mereka adalah penumpang yang akan diantar ke sebuah pulau yang katanya asik untuk bersnorkeling. Penumpang yang tampak berbusana santai itu masih sabar mengantri speedboat yang akan menjemputnya. 

" Ini kapalnya pak? Yang ke pulau Abang," tanya seorang penumpang.

" Tunggu ya, ini rombongan siapa? Kapalnya berbeda-beda tergantung rombongan siapa, " ujar seorang pemuda yang berdiri di tepi pelabuhan, sedang mempersiapkan speedboat.


Asyiknya snorkeling di Pulau Dedap, dekat Batam.

Ada beberapa speedboat yang sudah datang di pelabuhan itu. SpeedBoat itu memang bergantian mengantar para penumpang ke pulau-pulau. Pada hari libur ini, cukup banyak yang datang.Sebagai daerah kepulauan, banyak pulau yang berdekatan dengan Batam yang bisa disinggahi. Kebetulan akhir-akhir ini marak bermunculan jasa-jasa snorkeling ke beberapa pulau di sekitar Batam. 

BERITA TERKAIT

Pulau Dedap satu diantara pulau yang berdekatan dengan Batam yang menjadi objek wisata bersnorkeling. Seperti biasa, bila memakai jasa snorkeling Anda akan diajak terlebih dulu mampir ke pulau Abang karena perlengkapan snorkeling didapatkan di pulau ini.

Setiap hari selalu ada boat yang bisa mengantar Anda ke pulau Dedap. Lebih baik menyimpan nomor kontak salah satu nelayan yang memiliki speedboat. Bisa dihubungi terlebih dulu sebelum mengantar dan tidak menunggu.

Jarak pelabuhan Hasyim ke pulau Abang tidak jauh berkisar 20 menit saja. Sedangkan dari pulau Abang ke pulau Dedap juga sama 15 menit. Bila menggunakan jasa snorkeling Rp 380ribu per hari. 

Sebelum bersnokeling di pulau Dedap, Anda sebaiknya memperhatikan intruksi dari instruktur. Bagaimana cara memasang alat pelampung dan alat bantu pernapasan dengan benar perlu diketahui. Bagi yang tidak bisa berenang tidak perlu kuatir, dengan pelampung cukup aman berenang di tepian pulau.

Selama bersnokeling kapal yang mengantar akan memperhatikan gerak-gerik Anda selama berenang. Bila sudah merasa capek cukup tiup pluit agar kapal menghampiri.

Kondisi air di tepian pulau Dedap cukup jernih. Berenang di waktu pagi lebih pas karena matahari belum begitu terik. Karang dan ikan-ikan kecil bisa disaksikan dengan menggunakan kaca mata renang. Sebaiknya menggunakan fins atau kaki renang, mengingat karang cukup tajam bila mengenai kaki.

Berenang di sekitar pulau Dedap terasa lebih leluasa. Anda bisa berenang sepuasnya di kolam renang alam itu. Berfoto adalah momen yang tidak boleh terlewatkan. Pose keren selama snorkeling akan diabadikan dengan berfoto di bawah laut. Jasa snorkeling pulau Abang sudah mempersiapkan kamera go pro lengkap dengan dom. Anda bisa meminta foto sendiri, berfoto dengan keluarga maupun group. 

Memilih menepi untuk berfoto di tepi pulau sepertinya ide bagus. Banyak para pengunjung yang berfoto di tepi pulau Dedap meskipun pulau ini tidak memiliki pasir pantai yang luas.1 jam berenang di sekitar pulau saja sudah membuat lelah. 


Para snorkelers berfoto bersama sebelum meluncur ke Pulau Dedap, dekat Batam.

Bila ingin beristirahat, Anda bisa memilih baik ke kapal atau duduk-duduk di tepi pulau.

Sehabis berenang dan singgah ke pulau lainnya, acara makan adalah momen yang ditunggu-tunggu. Di pulau Abang, masyarakat setempat akan menyajikan masakan tradisional berupa seafood.

" Masakannya enak karena langsung di masak oleh masyarakat pulau Abang, ikannya segar-segar juga, habis mandi langsung makan itu terasa nikmat sekali," ujar Leni, pengunjung pulau Abang.

Jika tidak ingin ke luar Batam, ada baiknya Anda mencoba berwisata snorkeling ke pulau Dedap. Untuk ke pulau Dedap, Anda tinggal mampir ke pelabuhan Hasyim di jembatan Enam kecamatan Galang

Sumber: Tribun Batam
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas