Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

10 Pilihan Mengisi Liburan Akhir Pekan Bersama Anak Tanpa Harus Ke Mall Melulu

Mengajak anak jalan-jalan santai harusnya tidak sekadar liburan, tapi juga mengandung unsur edukasi. Ini pilihan jalan-jalan asyik, edukatif.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in 10 Pilihan Mengisi Liburan Akhir Pekan Bersama Anak Tanpa Harus Ke Mall Melulu
famtravelwriter
Traveling keluarga. 

A photo posted by Agung Budi (@agungbsgram) on


TRIBUNNEWS.COM - Karena kehabisan ide liburan yang asyik, seringkali pada akhirnya orangtua mengajak anak jalan-jalan ke tempat yang itu-itu saja. Apalagi kalau bukan ke pusat perbelanjaan alias mall.

Ke mall memang asyik karena tak perlu berpanas-panas kena terik matahari. Full AC. Makanan dan minuman enak-enak tersaji di banyak kedai dan kafe.

Tapi tanpa sadar, dompet menguap cepat habis. Boros.

Anak-anak pun jadi manja karena jalan-jalan di tempat ber-AC melulu. Konsumerisme.

Nah, alangkah baiknya jalan-jalan akhir pekan bersama anak diarahkan ke hal-hal yang asyik sekaligus edukatif.

Berikut ini tips traveling bersama anak nan murah meriah tapi edukatif yang ditawarkan seorang travel writer, Asita DK Suryanto.

BERITA TERKAIT

1. Ajak anak Anda ke taman di sekitar kota Anda. Tunjukkan nama bermacam-macam pohon dan bunga. Bermcam-macam bentuk daun, bunga, buah, akar akan memberi pengetahuan biologi kepada anak Anda

2. Wisata kuliner makanan  tradisIonal. Ajak anak Anda ke pasar tradisonal untuk mencicipi rasa jajan pasar, minuman dawet, nasi uduk, lontong sayur atau apa aja makanan tradisonal di daerah Anda. Agar si anak bisa merasakan sesansi memperluas rasa di langi-langit mulut si anak

3. Ke museum. Di Jakarta sangat banyak bermacam-macam museum. Mulai Museum Gajah, Museum Nasional, Museum Tekstil, Museum Wayang dan lain-lain. Tapi sayangnya acara wisata  sekolah tingkat Taman Kanak-Kanak dan Sekolah Dasar jarang mengajak muridnya ke museum

4. Ke kebun binatang. Ajak anak Anda memberi makan binatang dan menunggangi binatang seperti kuda, onta, gajah tidak hanya melihat-lihat saja berbagai macam binatang.

5. Ajak camping atau pasang tenda di tepi danau atau di kaki gunung. Agar anak Anda merasakan sensasi kenangan zaman Anda melakukan kegiatan pramuka zaman Sekolah Dasar dulu

6. Melihat pak tani bekerja di sawah. Anda bisa mengajak anak Anda bermain lumpur di sawah belajar cara menanam padi.

7. Melihat budaya suku lain. Ajak anak Anda pada acara kegiatan tradisional seperti acara sekatenan di Solo,  Festival Carnaval Jember, upacara petik laut di Muncar. Banyuwangi, upacara Ngaben di Bali dan lain-lain

8. Mengunjungi rumah ibadah yang berbeda dari Anda sendiri. Agar anak-anak Anda lebih menghormati agama lain.Anak-anak agar mengerti bentuk bangunan masjid, gereja, pura, klenteng, dan vihara.

9. Melihat peninggalan nenek moyang. Ajak mereka ke bermacam-macam candi seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Mendut dan candi-candi lain agar anak Anda mengagumi peninggalan zaman dahulu kala.

 10. Ke pantai. Bermain istana pasir mengajar anak Anda untuk kreatif dan mengenal deburan ombak dan bermacam-macam kerang adalah aktivitas yang menyenangkan.

Agung BS/ abstribun@gmail.com

A photo posted by Agung Budi (@agungbsgram) on


Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas