Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Kemenpar Perhatikan Sumber Daya Manusia di Sektor Pariwisata

Tantangan SDM Sumber Daya Manusia, terus menjadi concern Kemenpar di saat gairah sektor pariwisata menanjak.

Kemenpar Perhatikan Sumber Daya Manusia di Sektor Pariwisata
www.kemenpar.go.id

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tantangan Sumber Daya Manusia, terus menjadi concern Kemenpar di saat gairah sektor pariwisata menanjak.

Baik jumlah maupun mutunya harus dinaikkan. Karena itulah Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan (Deputi BPKK) Kemenpar menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata se-Indonesia di Hotel Harmoni One Center Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Tema yang diangkat adalah “Peningkatan Kualitas dan Daya Saing lulusan SMK Pariwisata di era Masyarakat Ekonomi ASEAN."

Acara itu dilaksanakan tiga hari, 30 Maret hingga 1 April 2016.

"Intinya menyamakan persepsi, menyatukan agenda dan menyelaraskan program, makanya seluruh SMK kami kumpulkan di sini. Tujuannya, siap menghadapi semua tantangan dunia Pariwisata melalui SDM-SDM yang ready," tegas Ahman Sya, Deputi Kelembagaan Kemenpar.

Menpar Arief Yahya memang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan daya saing SDM pariwisata yang tahun ini.

Karena pasar pariwisata mulai terus menggeliat dan growth. "Industri terus berkrmbang, supplay SDM yang handal harus dipersiapkan matang," kata Arief Yahya, orang nomor satu di Kemenpar itu.

Keinginan itu diwujudkan dalam program kegiatan antara lain memfasilitasi kegiatan sertifikasi bagi 35.000 tenaga kerja sektor pariwisata.

“Angka ini terus digenjot menuju kenaikan 100% dari target tahun 2015 yang lalu sebanyak 17.500 tenaga kerja. Kita tidak boleh kalah dari negara-negara lain, ” kata pria asli Banyuwangi itu.

Kemenpar juga memfasilitasi pendirian Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) bidang pariwisata di 34 provinsi serta pelatihan dasar pariwisata untuk 17.600 orang di seluruh Indonesia.

Halaman
123
Editor: Toni Bramantoro
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas