Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bahagia Itu Sederhana: Pulang Kampung, Makan Nasi Jagung Lauk Ikan Asin dan Sambal Terasi

Bagi Asita DK, bahagia itu sederhana. Pulang kampung ke Madura, makan nasi jagung lauk ikan asin, tempe dan sambal terasi.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Bahagia Itu Sederhana: Pulang Kampung, Makan Nasi Jagung Lauk Ikan Asin dan Sambal Terasi
Asita DK Suryanto
Nasi jagung khas Madura dengan lauk sederhana berupa ikan asin, sayuran rebus, sambal terasi, tempe dan tahu. 

TRIBUNNEWS.COM -  Mengingat makanan masa kecil yang bikin kangen kampung halaman buat saya adalah makan nasi jagung khas Madura.

Makanan ini sangat sederhana hanya nasi putih campur jagung diberi lauk ikan asin goreng, lapapan, sayur lodeh, tahu dan tempe goreng serta sambal terasi yang pedas. Nasi jagung dalam bahasa Madura lebih dikenal dengan "nasek jagung" dan " nyaman ongguh" (enak sekali).

Setiap pulang kampung di Kota Jember, Jawa Timur kami selalu makan nasi khas Madura ini.

Tapi sensasi rasanya tidak bisa mengalahkan nikmatnya makanan mewah yang ada di Jakarta tempat saya mencari sesuap nasi sekarang.

Makan nasi jagung sambil mengenang masa kecil makan di perkebunan kopi sewaktu masih sekolah dasar adalah kenikmatan tersendiri.

Di kampung halaman, Kota Jember harga nasi jagung lengkap hanya dengan harga Rp 5.000 saja sudah lengkap dengan lauk tahu, tempe, ikan asin goreng, sayur lodeh, lalapan sayur, sambal terasi, dan peyek teri.


Asita DK Suryanto, Travel Writer.

BERITA TERKAIT

Nasi jagung adalah campuran beras putih dan gilingan jagung dicampur dengan ukuran sama kemudian ditanak dan dikukus seperti menanak nasi biasa. Hasilnya nasi jagung akan lebih mekar dan tidak bisa pulen atau megar.

Makan nasi jagung paling nikmat ditambah pepes ikan tongkol ikan laut khas Jember yang agak asin dan sambal kemiri yang pedas.

Ikan tongkol bagi warga Jember dianggap sebagai ikan salmon made in nelayan Puger wilayah Jember. Ikan tongkol lebih dikenal masyarakat Jember daripada ikan salmon yang mahal itu.

Penjual nasi jagung gampang ditemui di seluruh sudut warung nasi di Kota Jember.

Tapi penjual nasi jagung paling lengkap lauknya mulai gorengan ayam, ikan , daging ada di tengah pasar tradisional paling besar di Kota Jember yang bernama Pasar Tanjung.

Meski letaknya tidak strategis ada di tengah pasar yang hiruk pikuk dan harus parkir di luar kemudian untuk menuju lokasi penjual nasinya harus naik ke lantai dua ke dalam pasar yang kumuh tidak mengurangi minat pembeli nasi jagung di Pasar Tanjung tersebut.

Nasi jagung rasa nikmatnya dari sambal terasi yang pedas dan campuran rasa asin dari ikan asin, rasa gurih dari pepes ikan tongkol.

Sangat lezat dicampur sayur lodeh terong dan kacang panjang yang pedas. Apalagi yang memakannya penggila kuliner kampung halaman yang sudah lama tidak pulang kampung.

Maka kenikmatan makan nasi jagung akan bertambah dengan kenikmatan rasa kangen kampung halaman dan rasa nasi jagung yang khas pedas.

Akan lebih afdol ikan asin goreng tepung selalu harus menyertainya. (Asita DK Suryanto, email: asita@djojokoesoemo.com)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas