Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Arus Deras Sungai Selabung di Kabupaten OKU Selatan Menantang Para Penggila Rafting

Dahsyatnya arus deras Sungai Selabung di Kabupaten OKU Selatan menantang para penggila arung jeram untuk terjun, menaklukkan.

Editor: Agung Budi Santoso
zoom-in Arus Deras Sungai Selabung di Kabupaten OKU Selatan Menantang Para Penggila Rafting
SRIWIJAYA POST/ SETIA BUDI
Dahsyatnya arus deras Sungai Selabung di Kabupaten OKU Selatan menantang para penggila arung jeram untuk terjun, menaklukkan. (SRIWIJAYA POST/ SETIA BUDI) 

Laporan Wartawan Sriwijaya Post, Setia Budi

TRIBUNNEWS.COM, MUARADUA - Topografi daerah berbukit dan banyak terdapat lembah, membawa berkah tersendiri bagi Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Dengan kondisi alam yang demikian, tidak sulit mencari lokasi wisata yang memacu adrenalin.




Sungai Selabung misalnya. Arus deras sungai yang terhubung dengan objek wisata terkenal Danau Ranau ini menjadi surga bagi para penggila rafting.

Di masyarakat setempat, objek wisata ini lebih populer dengan sebutan "Ranau Rafting".


Dahsyatnya arus deras Sungai Selabung di Kabupaten OKU Selatan menantang para penggila arung jeram untuk terjun, menaklukkan. (SRIWIJAYA POST/ SETIA BUDI)
 

Lokasinya terbentang dari Kecamatan Banding Agung hingga Kecamatan Mekakau Ilir. Hanya beberapa menit saja dari kawasan objek wisata Danau Ranau.

Nah, untuk para wisatawan yang hendak berkunjung menikmati sejuknya hawa alam di kawasan ini, serta menguji adrenalin di arus sungai yang selalu jernih, harus menempuh jarak sekitar 340 Km dari Palembang atau sekitar 9 jam dengan kendaraan darat.

BERITA TERKAIT

Sedangkan dari pusat Kota Muaradua, hanya berjarak 55 Km atau sekitar 1,5 jam perjalan dengan melintasi jalan provinsi yang dihiasi perbukitan yang sangat sejuk.

Tempat ini sangat cocok untuk dan memberikan kesan tersendiri bagi para wisatawan yang hendak merefresh dan menghilangkan penat pada akhir pekan, libur hari besar atau hari biasa.

Di lokasi lintasan rafting, wisatawan dimanjakan jernihnya air Sungai Selabung yang berwarna biru kehijauan.

Di sana juga masih terdapat pepohonan yang masih alami dan terdapat juga hamparan persawahan serta deretan pohon kelapa yang tinggi menjulang.

Asyiknya lagi, di lintasan ini terdapat lumpang sungai yang dilintasi sedalam 4-6 meter dengan panjang mencapi ratusan meter.

Jika sewaktu-waktu wisatawan ingin beristirahat di lokasi lintasan ini, terdapat pemukiman penduduk, juga bisa memesan buah kelapa segar dari mereka.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata OKU Selatan, Bahdozen Hanan, menuturkan, wisata danau rafting tersebut tidak dimiliki daerah lain. Sebab, objek wisata ini mempunyai ciri khas tersendiri, selain arusnya deras, kondisi airnya jernih dan tampak biru kehijauan.

Halaman
12
Sumber: Sriwijaya Post
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas