Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Berkeliling dan Nikmati Suasana Kota Solo dengan Bus Wisata Werkudara

Werkudara mampu membawa 43 penumpang, dengan rincian sebanyak 18 penumpang duduk di bus bagian bawah dan 25 orang di bagian atas.

Editor: Malvyandie Haryadi
zoom-in Berkeliling dan Nikmati Suasana Kota Solo dengan Bus Wisata Werkudara
Tribunsolo.com/Imam Saputro
Bus Werkudara. 

Laporan Wartawan TribunSolo.com, Imam Saputro

TRIBUNSOLO.COM, SOLO - Banyak hal-hal menarik terkait wisata di Kota Solo, Jateng, termasuk di antaranya adalah moda transportasi Bus Tingkat Werkudara.

 
Suasana bus Werkudara. (Tribunsolo.com/Imam Saputro)

Bus besar ini berwarna merah, dengan lukisan tokoh wayang Werkudara di bagian depan.

Di belakangnya tampak foto ikonik tempat wisata di Solo, seperti Keraton Kasunanan, Pura Mangkunegaran dan Pasar Gede.

Bus ini dinamai Werkudara, sosok tokoh pewayangan yang besar dan kuat, sesuai dengan bentuk bus yang memang tinggi besar.

Tinggi Bus Werkudara 4,5 meter, lebar 2,5 meter, sedangkan beratnya 12 ton.

Werkudara mampu membawa 43 penumpang, dengan rincian sebanyak 18 penumpang duduk di bus bagian bawah dan 25 orang di bagian atas.

BERITA REKOMENDASI

Bus wisata ini  beroperasi sejak  20 Februari  2011, dan keberadaannya dipesan khusus oleh Pemerintah Kota Solo ke Karoseri PT Tri Sakti Magelang.


Bus Werkudara. (Tribunsolo.com/Imam Saputro)

Bermesin  OM 924 LA Euro 3, dengan kecepatan maksimal 120km/jam, Werkudara membawa wisatawan keliling Kota Solo hanya Sabtu dan Minggu plus hari libur nasional.

Harga tiket Werkudoro Rp 20.000 per penumpang, sedangkan biaya carter atau Rp 800.000 untuk tiga jam perjalanan, dengan biaya overtime Rp 250.000  per jam.

“Wisatawan yang menyewa Bus Werkudara bisa memilih tujuan sesuai selera, seperti pusat perbelanjaan, Museum Batik Kauman atau tempat wisata Kota Solo lain,” ujar  Sandi, Staf Pelaksana Operasional Bis Tingkat dan Jaladara Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Solo, pertengahan April 2016 lalu.

Pemesanan dilakukan minimal satu hari sebelum hari pemberangkatan, dan wajib menyerahkan tanda jadi minimal 25 persen dari harga sewa.

Adapun prosedur naik Werkudara, begini caranya.

Untuk pesan tiket, Anda bisa datang langsung ke Kantor Dinas Perhubungan Pemerintahan Kota Solo, Jl Menteri Supeno 7, Manahan, Solo, Jawa Tengah, pukul 09.00 WIB-15.00 WIB.

Atau, memesan dengan menghubungi Indri di nomor HP 085642005156 atau Sandi (085229790462).

Adapun rute perjalanan (berangkat) bus Werkudara dimulai dari Kantor Dishubkominfo di Manahan–perempatan Manahan (Jl Ahmad Yani)– pertigaan Kerten (Jl. Slamet Riyadi)– Sriwedari–Gladag–Balai Kota–Pasar Gede–perempatan Panggung (Jl. Kolonel Sutarto)–Tugu Cembengan (Jl. Ir. Sutami)– Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ).

Biasanya di  TSTJ, para penumpang yang duduk di bus bawah akan bergantian dengan para penumpang bus atas.

Sedangkan rute perjalanan pulang,  dari TSTJ–Tugu Cembengan (Jl Kolonel Sutarto)–perempatan Panggung (Jl Urip Sumarhajo)–Pasar Gede–Balai Kota–Gladag–perempatan Sangkrah (Jl. Kapten Mulyadi)–perempatan Baturono–Gading (Jl. Veteran)–Tipes–Baron (Jl Rajiman)–Laweyan–Lumbung Batik (Jl KH Agus Salim)–Purwosari (Jl Slamet Riyadi)–pertigaan Kerten–perempatan Manahan–Kantor Dishubkominfo. (*)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas