Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Martogi Sitohang Bakal Tampilkan 350 Seruling Toba dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba

eniman dan pelestari tradisi seruling Batak, Martogi Sitohang dengan dukungan Komunitas Horas Halak Hita

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Toni Bramantoro
zoom-in Martogi Sitohang Bakal Tampilkan 350 Seruling Toba dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba
ist

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seniman dan pelestari tradisi seruling Batak, Martogi Sitohang dengan dukungan Komunitas Horas Halak Hita, akan menampilkan sedikitnya 350 pemain seruling dalam Karnaval Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba 2016, Minggu (21/8/2016) di Balige, Sumatera Utara.

Seperti Jay Wijayanto, Koordinator Pelaksana Karnaval jelaskan 350 pemain seruling itu berasal dari Toba Samosir, Humbang Hasundutan dan Dairi.

"Melalui Yayasan Seruling Martogi telah membuat pelatihan seruling bagi ribuan remaja di 7 kabupaten di kawasan Danau Toba," ujar Jay kepada Tribunnews.com, Rabu (10/8/2016).

Repertoar yang dimainkan dalam karnaval kemerdekaan Pesona Danau Toba meliputi lagu tradisi Batak dan juga lagu nasional.

Berbeda dengan seruling dari tradisi daerah Indonsia lain yang ditala dalam tangga nada pentatonik, seruling Batak justru bertangga nada diatonis. Sehingga lebih luwes untuk berkolaborasi dengan alat musik modern dalam formasi ensambel.

"Kemungkinan besar tangga nada diatonis ini dipengaruhi oleh musik dari Eropa yang dibawa oleh misionaris Jerman. Namun masih ada seruling Batak yang bertangga nada diatonis yaitu seruling Karo Balobat," jelasnya.

BERITA TERKAIT

Dalam Karnaval Kemerdekaan, Martogi akan menampilkan khasanah lagu-lagu tradisi Batak baik yang populer di masyarakat maupun lagu-lagu lama yang jarang dinyanyikan, dengan iringan Gondang yang bergerak di atas mobil hias.

“Seruling Batak sangat eksotis dan berpotensi untuk diangkat menjadi instrumen dalam khasanah world music seperti Sakuhaci dari Jepang. Saya berharap Horas Halak Hita, akan mendukung revitalisasi budaya Batak pada masa-masa yang akan datang, ” jelas Jay.

Horas Halak Hita juga mendukung Panitia Nasional Karnaval Kemerdekaan di panggung rakyat pada tanggal 21 Agustus 2016 malam di Lapangan Sisingamangaraja dengan mendatangkan artis-artis ibukota seperti Olivia Pardede, Trio RNB, dan Victor Hutabarat.

Presiden Hadir

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta Ibu Negara Iriana Widodo akan berpartisipasi dalam Karnaval Kemerdekaan Pesona Danau Toba yang akan diselenggarakan di Balige, Kabupten Toba Samosir, Sumatera Utara, pada Minggu (21/8/2016) dimulai pukul 15.00 WIB.

Jay menjelaskan bahwa karnaval ini akan menggunakan jalur sepanjang 3,5 km dari Soposurung hingga Simpang Sibulele.

"Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana akan berpartisipasi dalam karnaval ini dengan mengenakan ulos Ragidup Sirara dan Ibu Negara mengenakan ulos bermotif Tum-Tum yang dipersiapkan oleh perancang mode Edward Hutabarat," kata Jay ketika dihubungi Tribunnews.com.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas